Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Beda Biden dan Trump soal NATO | Pertempuran Sengit di Avdiivka

Kompas.com - 17/02/2024, 05:52 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Berita yang memuat pandangan berbeda dari Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump soal NATO memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita tentang pertempuran sengit sedang berlangsung di Kota Avdiivka, Ukraina timur.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni memuat pernyataan China siap bekerja sama dengan Pemerintah Baru Indonesia.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Armenia-Azerbaijan Bersitegang Lagi | Media Asing Soroti Klaim Kemenangan Prabowo

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Jumat (16/2/2024) hingga Sabtu (17/2/2024) pagi yang dapat Anda simak:

1. Beda Pandangan Biden dan Trump soal NATO dan Peran AS di Dunia

Mantan Presiden Donald Trump menyatakan bahwa, jika terpilih ia tidak akan membela anggota NATO yang tidak ikut membayar belanja pertahanan, dan paket pendanaan militer asing terhenti di Kongres.

Kedua kejadian ini mencerminkan sebuah perpecahan besar mengenai bagaimana dua kandidat presiden Amerika dan para pemilih mereka berpandangan mengenai peran Amerika di dunia.

Biden, yang hendak memperkuat koalisi melawan musuh sebagai prinsip utama kebijakan luar negerinya, menganjurkan lebih banyak kerja sama internasional secara keseluruhan.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Pemilu Indonesia di Mata Media Asing | Kenapa Israel Serang Rafah

2. Ukraina pada Jumat (16/2/2024) mengatakan, tengah terjadi pertempuran sengit di Kota Avdiivka yang terkepung.

Seorang jenderal Ukraina di bagian timur, Oleksandr Tarnavskiy, menyebut pihaknya sedang mempersiapkan posisi baru di seputaran kota tersebut saat pasukan Rusia meningkatkan serangan.

Pengumuman ini muncul sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Kyiv akan melakukan "segalanya" untuk menyelamatkan nyawa di kota simbolis tersebut.

Baca selengkapnya di sini

3. China Nyatakan Siap Bekerja Sama dengan Pemerintah Baru Indonesia

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China pada Kamis (15/2/2024) menyatakan bahwa mereka siap bekerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menanggapi proses Pilpres Indonesia dengan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk sementara memimpin hasil penghitungan cepat.

"China ingin melanjutkan kerja sama dengan Indonesia untuk membangun relasi yang memiliki rasa saling percaya," kata pernyataan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China.

Baca selengkapnya di sini

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com