Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Media Australia Jelang Pertandingan Socceroos Lawan Timnas Indonesia

Kompas.com - 28/01/2024, 14:30 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Sejumlah media Australia turut menyoroti agenda pertandingan antara timnas Australia melawan timnas Indonesia dalam babak 16 besar Piala Asia 2023.

Laga timnas Indonesia vs Australia dalam jadwal Piala Asia bakal berlangsung di Stadion Jassim Bin Hammad pada Minggu (28/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Timas Australia sendiri belum terkalahkan di Piala Asia 2023 seusai memetik dua kemenangan dan satu hasil imbang dalam babak fase grup.

Baca juga: Kata Media Vietnam soal Kemenangan Timnas Indonesia

Sementara itu, timnas Indonesia telah mencicipi kekalahan dua kali.

Timnas Indonesia memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk kali pertama dalam sejarah setelah hasil Kirgistan vs Oman yang berakhir 1-1 pada partai terakhir Grup F pada Kamis (25/1/2024) lalu.

Lantas, bagaimana sorotan media Australia jelang pertandingan Socceroos vs Garuda?

Sorotan media Australia

Salah satu media Australia, The Sydney Morning Herald, justru menerbitkan artikel berisi kritikan terhadap pelatih Socceroos, yakni Graham Arnold, jelang pertandingan melawan Indonesia.

Dalam artikel berjudul “Are we asking too much of Graham Arnold and the Socceroos?” yang diterbitkan di situs web mereka pada Sabtu (27/1/2024) sore, jurnalis Vince Rugari mempertanyakan apakah terlalu besar memberi harapan kepada Australia yang ditangani Graham Arnold.

Vince Rugari menyoroti penampilan Australia yang belum meyakinkan selama mengikuti Piala Asia 2023.

Baca juga: Kata Media Asing soal Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia untuk Kali Pertama

Meski tak terkalahkan di fase grup, Australia disebutnya minim tembakan ke arah gawang.

"Seperti yang ingin ditunjukkan oleh Arnold, Australia menikmati lebih banyak waktu di lini tengah lawan, lebih banyak masuk ke kotak penalti, dan lebih banyak sentuhan di dalam kotak penalti dibandingkan tim mana pun di turnamen ini,” tulisnya.

“Mereka juga berada di peringkat 17 dari 24 tim untuk tembakan tepat sasaran per pertandingan, di belakang Tajikistan dan Malaysia. Padahal jika Socceroos mengalahkan Indonesia di babak 16 besar -yang seharusnya dilakukan- mereka selanjutnya akan melawan Arab Saudi dan Korea Selatan," sambung Vince Rugari.

Dalam tulisan itu, kekuatan timnas Indonesia turut disorotnya.

Jurnalis Rugari memuji permainan timnas Indonesia kini yang tidak menunjukkan bahwa mereka nyatanya berada di urutan 142 rangking FIFA.

“Standar sepak bola di seluruh Asia meningkat pada tingkat yang belum dihargai di Australia. Ambil contoh Indonesia, yang bermain dengan tingkat kemampuan yang tidak sesuai dengan peringkat FIFA mereka, yaitu 146 (Australia berada di peringkat ke-25), dan yang skuadnya, seperti Socceroos, dipenuhi dengan pemain-pemain naturalisasi yang mempelajari keahlian mereka di negara lain,” tulisnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com