Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terus Serang Belgorod, Ini Tanggapan Rusia

Kompas.com - 09/01/2024, 21:10 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BELGOROD, KOMPAS.com - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Selasa (9/1/2024) mengatakan, Rusia akan melakukan segala cara untuk menangani peningkatan serangan Ukraina di Kota Belgorod.

Kota di perbatasan Rusia-Ukraina itu mengalami peningkatan serangan dalam beberapa pekan terakhir, sehingga ratusan orang harus dievakuasi dan penutupan sekolah diperpanjang.

“Tentu saja, militer kami akan terus melakukan segalanya untuk awalnya meminimalkan bahaya dan kemudian menghilangkannya sepenuhnya,” kata Peskov, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Rusia Putuskan Evakuasi 300 Warga Kota Belgorod, Terbanyak sejak Perang

Dia menuduh militer Ukraina menembaki target-target sipil di pusat kota berpenduduk 340.000 orang itu, dengan senjata yang dipasok negara-negara Eropa.

Kremlin berusaha keras mempertahankan keadaan normal di dalam negeri, tetapi serangan di Belgorod membuat perang semakin dekat dengan permukiman warga Rusia.

Gubernur wilayah Belgorod Vyacheslav Gladkov pada Selasa pagi mengumumkan, tiga orang terluka akibat puing-puing senjata Ukraina yang jatuh.

Baca juga:

Secara terpisah, otoritas Ukraina mengatakan bahwa jumlah korban tewas akibat serangan Rusia di Kota Khmelnytskyi sehari sebelumnya bertambah menjadi tiga orang.

“Sayangnya, dari operasi penyelamatan, satu lagi korban jiwa ditemukan--seorang pria kelahiran 1955. Saya turut berbela sungkawa yang tulus kepada keluarga tersebut,” kata Wali  Kota Oleksandr Symchyshyn di media sosial.

Baca juga: Rusia Hadapi Serangan Ukraina Paling Mematikan, 21 Orang Tewas di Belgorod

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com