Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau Coblos Dirinya Sendiri, Calon Anggota Dewan di AS Ini Kalah karena Kurang Satu Suara

Kompas.com - 10/12/2023, 18:01 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber UPI

RAINIER, KOMPAS.com - Seorang calon dewan kota asal Washington yang punya prinsip bahwa memilih dirinya sendiri saat pemilu sebagai hal narsis, akhirnya kehilangan posisi dewan kota karena kalah satu suara.

Damion Green mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Kota Rainier, namun ia mengatakan bahwa ia tidak memberikan suara pada pemilihan 7 November lalu.

"Saya tidak merasa nyaman," kata Green kepada KING-TV, dilansir dari UPI. "Saya pikir itu agak narsis, jadi saya tidak melakukannya."

Baca juga: Jelang Pemilu, Taiwan Laporkan Aktivitas Militer China Dekat Selat Taiwan

Hasil penghitungan mesin menunjukkan bahwa Green kalah dari Ryan Roth dengan satu suara,. Penghitungan ulang secara manual juga dilakukan Dewan Pemungutan Suara Thurston County.

Dewan tersebut mengumumkan bahwa penghitungan ulang secara manual menghasilkan hasil yang sama, menyatakan Roth sebagai pemenang.

Roth mengatakan bahwa ia juga hampir tidak memberikan suara dalam pemilihan tersebut, namun istrinya mendesaknya untuk memilih dirinya sendiri.

"Itu adalah satu suara," kata Roth kepada The Seattle Times. "Kami pasti akan seri. Jika kami seri, saya akan memilih untuk melakukan lemparan koin."

Green mengatakan bahwa ia berharap Roth dapat bekerja dengan baik di posisi barunya.

"Saya sama sekali tidak merasa berkecil hati. Kami berdua memiliki anak-anak di sekolah dan mencari yang terbaik untuk komunitas kami. Kami adalah orang yang berbeda yang menginginkan hal yang sama," katanya.

Green, yang pernah mencalonkan diri sebagai anggota dewan kota sebelumnya, mengatakan bahwa ia berencana untuk mencalonkan diri lagi di masa depan.

Baca juga: Meta Hapus Ribuan Akun Facebook Palsu China yang Sebar Kampanye Palsu, Pengaruhi Pemilu Dunia

"Saya bisa mencalonkan diri lagi. Yang ketiga kalinya akan berbeda," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com