Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Dibebaskan Hamas, Warga Israel Usia 84 Tahun Kritis dan Dilarikan ke ICU

Kompas.com - 27/11/2023, 12:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Elma Avraham, warga Israel berusia 84 tahun yang dibebaskan Hamas pada Minggu (26/11/2023), kondisinya kritis dan langsung dilarikan ke unit perawatan intensif (ICU) Pusat Medis Soroka di Israel selatan.

Kepala Pusat Medis Soroka yaitu Shlomi Codish mengatakan, Avraham kritis karena tidak dirawat dalam beberapa pekan terakhir saat ditahan Hamas.

Avraham yang merupakan seniman ditawan bersama beberapa orang lainnya sejak 7 Oktober 2023 ketika Hamas melancarkan serangan besar ke Israel.

Baca juga: Komandan Brigade Hamas dan 3 Pemimpin Senior Lainnya Tewas Diserang Israel

Militer Israel memperkirakan, 240 sandera ditangkap dan dibawa ke Jalur Gaza.

Menurut putra Avraham yakni Uri Rawitz yang berbicara dengannya pada Minggu (26/11/2023), ibunya belum sempat mengunci pintu ruang aman di rumah ketika serangan terjadi.

Rawitz kemudian mendapat foto Avraham dibawa pergi dengan sepeda motor oleh Hamas bersama sejumlah sandera lainnya.

Avraham termasuk salah satu dari 17 sandera, kebanyakan dari mereka adalah warga Israel, yang dibebaskan setelah tujuh pekan disandera oleh Hamas.

Baca juga:

Adapun Israel membebaskan 39 tahanan asal Palestina, yang merupakan pertukaran ketiga dari gencatan senjata empat hari sejak Jumat (24/11/2023).

“Sangat mengerikan kita sekarang harus merawat pasien lanjut usia yang ditahan di terowongan bawah tanah selama tujuh pekan dan perawatan medisnya diabaikan," kata Codish, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Hamas Bebaskan Abigail, Anak 4 Tahun yang Kedua Orangtuanya Tewas di Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com