Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Keluh Pengungsi Gaza | Israel Serang Lebanon

Kompas.com - 18/10/2023, 05:21 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Berita yang memuat keluhan pengungsi Gaza kesulitan memperoleh air bersih bahkan untuk cuci muka memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita Israel telah menyerang Lebanon dengan dalih menyasar Hezbollah.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni terkait Sungai Amazon semakin mengering dan menyulitkan para penduduk.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Potensi Blunder Geopolitik AS | Mundurnya Indonesia dari Frankfurt Book Fair

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Selasa (17/10/2023) hingga Rabu (18/10/2023) pagi yang dapat Anda simak:

1. Pengungsi Gaza: Tak Ada Air Bersih, Bahkan untuk Cuci Muka

Seorang gadis Palestina yang bersama keluarganya terpaksa meninggalkan rumah mereka di Jalur Gaza mengaku kesulitan menggambarkan tempat singgah mereka sekarang.

Hal ini terjadi setelah ribuan orang di Gaza utara diperintahkan untuk menuju ke selatan oleh Pemerintah Israel menjelang serangan darat yang diantisipasi.

"Tidak ada air bersih. Bahkan untuk mencuci muka pun tidak ada air. Kami semua tertindas. Kami tidak tahan lagi," ungkap gadis bernama Rahaf itu.

Baca kisah selengkapnya di sini

2. Israel Serang Lebanon, Sebut Sasar Hezbollah

Militer Israel pada Selasa (17/10/2023) pagi, menyatakan Israel telah melancarkan serangan terhadap sasaran Hezbollah di Lebanon semalam.

“Tentara Israel menyerang sasaran militer organisasi Hezbollah di wilayah Lebanon,” kata Militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Sejak dimulainya perang yang dipicu oleh serangan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, bentrokan di perbatasan Israel-Lebanon telah menyebabkan sekitar 10 orang tewas di pihak Lebanon. Sebagian besar korban dilaporkan adalah kombatan.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Kegagalan Intel Israel | Cerita WNI di Gaza

3. Sungai Amazon Kian Kering, Terparah dalam Lebih dari Seabad

Ketinggian air Sungai Amazon di jantung hutan hujan Brasil turun ke level terendah dalam lebih dari seabad terakhir pada Senin (16/10/2023).

Kondisi ini terjadi seiring dengan rekor kekeringan yang mengganggu kehidupan ratusan ribu orang dan merusak ekosistem hutan di Brasil.

Anak-anak Sungai Amazon yang mengering dengan cepat di Amazon telah membuat kapal-kapal terdampar, memotong pasokan makanan dan air ke desa-desa terpencil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com