Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal Ukraina Rusak 2 Kapal Rusia di Sevastopol Crimea

Kompas.com - 13/09/2023, 15:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SEVASTOPOL, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Rusia pada Rabu (13/9/2023) mengatakan, serangan rudal jelajah Ukraina merusak dua kapal yang sedang diperbaiki di Sevastopol, Crimea.

Pelabuhan Sevastopol adalah markas armada Laut Hitam Rusia.

Gubernur Sevastopol yang ditunjuk Rusia, Mikhail Razvozhayev, mengatakan bahwa serangan itu menyebabkan kebakaran dan melukai 24 orang.

Baca juga: Rusia Klaim Hancurkan 3 Kapal Ukraina yang Targetkan Jembatan Crimea

Crimea--semenanjung yang dianeksasi Rusia pada 2014--menjadi target Ukraina sejak invasi Rusia tahun lalu, dan baru-baru ini mengalami peningkatan serangan.

Ukraina berulang kali mengatakan, pihaknya berencana merebut kembali semenanjung Crimea.

“Angkatan bersenjata Ukraina melancarkan serangan dengan sepuluh rudal jelajah di pabrik perbaikan kapal S Ordzhonikidze,” kata Kementerian Pertahanan Rusia di Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Ukraina juga mencoba menyerang dengan tiga kapal tak berawak terhadap satu detasemen kapal armada Laut Hitam, tambahnya.

Baca juga:

“Sistem pertahanan udara menembak jatuh tujuh rudal jelajah, dan kapal patroli Vasily Bykov menghancurkan semua kapal tak berawak."

"Akibat terkena rudal jelajah musuh, dua kapal yang sedang menjalani perbaikan rusak," imbuh Kemenhan Rusia.

Sevastopol adalah kota terbesar di Crimea. Razvozhayev mengatakan di Telegram, dia sudah tiba di lokasi kebakaran galangan kapal.

Berdasarkan informasi awal, akibat penyerangan tersebut 24 orang mengalami luka-luka, empat di antaranya dalam kondisi sedang.

Baca juga: Serangan Drone Ukraina di Crimea Ledakkan Depot Amunisi Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com