Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kembali Jadi Anggota Dewan FAO

Kompas.com - 11/07/2023, 21:28 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Indonesia kembali memainkan peran kepemimpinannya dalam dunia diplomasi multilateral dengan berhasil masuk lagi sebagai Anggota Dewan FAO untuk periode 2024-2027.

Hal ini diyakini akan membuka kesempatan bagi Indonesia untuk memperjuangkan berbagai kepentingan Tanah Air melalui jalur diplomasi multilateral di FAO.

Sebagai anggota Dewan FAO, tugas Indonesia tidak mudah, terutama di tengah tantangan multirupa yang disebabkan oleh perang Rusia-Ukraina, perubahan iklim. dan dampak Covid-19.

Baca juga: Dubes RI di Italia Serahkan Surat Kepercayaan kepada Dirjen FAO di Roma

Tugas berat dalam diplomasi di bidang pangan dan pertanian masih harus terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkesinambungan.

Setelah dikukuhkan, semua Anggota Dewan lantas melakukan pembahasan mengenai penetapan komite-komite kerja di dalam FAO, seperti Komite Program, Komite Keuangan dan Komite Urusan Konstitusi dan Hukum.

Terkait hal itu, Indonesia telah dipercaya dan diusung untuk duduk dalam Komite Urusan Konstitusi dan Hukum FAO pada Senin (10/7/2023).

Komite tersebut bertugas untuk membantu Dewan dalam melakukan perumusan dan monitoring berbagai kebijakan FAO terkait program, keuangan dan masalahmasalah hukum yang ada.

Wakil Indonesia, Purna Cita Nugraha, yang menjabat sebagai Sekretaris Pertama Kedubes RI di Roma, Italia, telah dipercaya menjadi Anggota Komite Urusan Konstitusi dan Hukum FAO periode 2023-2025.

Komite Urusan Konstitusi dan Hukum atau Committee on Constitutional and Legal Matters (CCLM) FAO tersebut beranggotakan 7 orang yang mewakili 7 kawasan.

Dalam keterangan tertulis, KBRI di Roma, menyebut sebagai wakil dari Indonesia, Purna Cita Nugraha telah mendapatkan dukungan dari negara-negara Asia lainnya.

Keanggotaan pada Komite ini bersifat personal (personal capacity) dan tidak dalam kapasitas mewakili Negara.

Baca juga: KKP-FAO Sepakati Dokumen Bali Strategy untuk Berantas Illegal Fishing

Purna Cita Nugraha merupakan orang Indonesia ketiga yang berhasil menduduki jabatan tersebut sejak CCLM dibentuk tahun 1957.

Dengan berperan aktif di dalam komite kerja FAO, Indonesia dapat berkontribusi positif terhadap kebijakan pangan dan pertanian internasional serta agar Indonesia semakin diakui peranannya.

Sebelumnya, Indonesia juga berhasil dikukuhkan kembali sebagai Anggota Komite Masalah
Komoditas (CCP) FAO periode 2023-2025 pada Konferensi ke-43 FAO sebagai wakil dari Asia.

Saat ini, representasi Indonesia pada Komite tersebut diwakili oleh Erma Rheindrayani, Counsellor, Kedubes RI di Roma, Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com