Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelensky Perintahkan Perketat Pengamanan di Perbatasan Ukraina-Belarus

Kompas.com - 01/07/2023, 08:28 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Jumat (30/6/2023) memerintahkan pengamanan lebih ketat di perbatasan Ukraina-Belarus.

Dia mengaku telah diberitahu tentang situasi di Belarus oleh dinas intelijen Ukraina GUR, dinas intelijen asing, dan penjaga perbatasan.

Seperti diketahui, Belarus telah menjadi tempat pengasingan pasukan tentara bayaran Wagner ussai mereka membatalkan pemberontakan di Rusia.

Baca juga: Zelensky Teken RUU Larang Impor Buku dari Rusia dan Belarus

"Atas keputusan Stavka (kepala staf), Panglima Tertinggi (Valery) Zaluzhny, dan Jenderal (Sergey) Nayev, maka diinstruksikan untuk memperkuat arah utara untuk menjamin perdamaian. Ada tenggat waktu yang tepat," kata Zelensky dalam sebuah video yang diposting di Telegram, dikutip dari AFP.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko sebelumnya telah menawarkan perlindungan kepada bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, setelah ia mengakhiri pemberontakan bersenjata seminggu yang lalu.

Pemberontakan yang dilakukan Wagner tersebut bisa dikata menjadi tantangan terbesar bagi pemerintahan Putin di Rusia sejauh ini.

Lukashenko adalah sosok yang telah mendukung Putin selama perang melawan Ukraina dan mengizinkan pasukan Rusia untuk ditempatkan di Belarus.

Dia sempat mengatakan bahwa pasukan Belarus akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman tempur para komandan Wagner.

Baca juga: Hari Ayah di Ukraina, Zelensky Berterima Kasih kepada Tentara

Pada saat yang sama, Lukashenko meremehkan aktivitas yang akan dilakukan tentara bayaran negaranya.

Sementara itu, dalam beberapa kesempatan, Ukraina menyuarakan kekhawatiran akan serangan yang diluncurkan dari tanah Belarus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com