Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal Rusia Hantam Restoran Ukraina, 11 Orang Tewas

Kompas.com - 28/06/2023, 21:43 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KRAMATORSK, KOMPAS.com - Serangan rudal Rusia menghantam sebuah restoran di Kota Kramatorsk, Ukraina, dan menewaskan 11 orang pada Rabu (28/6/2023).

Sebanyak tiga anak termasuk korban tewas di restoran Ria Pizza tersebut, sedangkan sedikitnya 61 orang terluka.

Restoran ini populer di kalangan tentara dan jurnalis Kramatorsk, salah satu kota terbesar yang masih dikuasai Ukraina di timur.

Baca juga: Ucapan Dubes Vasyl Hamianin untuk Hari Konstitusi Ukraina

"Operasi pencarian dan penyelamatan serta pemindahan puing-puing sedang berlangsung," kata layanan darurat negara Ukraina di media sosial.

"Jenazah sembilan orang tewas--termasuk tiga anak-anak--diambil dari bawah reruntuhan," lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Beberapa hari setelah pasukan Wagner yang dipimpin Yevgeny Prigozhin membatalkan pemberontakan, Ukraina mengatakan bahwa pengaruh pembelotan itu terhadap pertempuran sangat kecil.

Sementara di Rusia, pemberontakan Wagner banyak dipandang sebagai ancaman terbesar bagi otoritas Kremlin dalam beberapa puluh tahun.

Baca juga:

"Sayangnya, Prigozhin menyerah terlalu cepat. Jadi tidak ada waktu bagi efek demoralisasi ini menembus parit Rusia," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba kepada CNN dalam video yang dirilis pada Rabu.

Belarus menyambut Prigozhin di pengasingan pada Selasa (27/6/2023), kemudian Presiden Rusia Vladimir Putin berterima kasih kepada pasukan reguler karena mencegah perang saudara.

Namun, saat Moskwa mengumumkan persiapan melucuti senjata para anggota Wagner, musuh bebuyutan Putin yang sedang dipenjara yaitu Alexei Navalny melontarkan komentar pertamanya sejak patahnya pemberontakan.

"Tidak ada ancaman yang lebih besar bagi Rusia selain rezim Putin," kata Navalny di media sosial.

Baca juga: Tentara Rusia yang Hancurkan Tank Leopard Jerman di Ukraina Diganjar Bonus Rp 180 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com