Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Umumkan Bantuan Militer Baru Rp 4,8 Triliun ke Ukraina

Kompas.com - 20/04/2023, 19:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat pada Rabu (19/4/2023) mengumumkan paket bantuan militer baru senilai 325 juta dollar AS (Rp 4,8 triliun) untuk Ukraina.

Paket bantuan terbaru ini mencakup peluru artileri yang sangat dibutuhkan serta senjata anti-lapis baja.

Bantuan juga termasuk amunisi untuk sistem roket presisi HIMARS, ranjau anti-tank, dan lebih dari sembilan juta butir amunisi senjata kecil, kata Departemen Pertahanan AS, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: 14 Negara Pendukung Ukraina dalam Perang Vs Rusia

"Negeri Paman Sam" memimpin upaya bantuan untuk Ukraina, dengan cepat membentuk koalisi internasional guna mendukung Kyiv setelah Rusia menginvasi pada Februari 2022.

AS juga mengoordinasikan bantuan dari puluhan negara.

Adapun Kyiv terus meminta beberapa barang yang belum diberikan oleh para sekutunya, termasuk sistem pertahanan udara Patriot dan tank berat canggih--akhirnya dijanjikan--serta item lainnya seperti pesawat tempur Barat yang sejauh ini belum dijanjikan.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, paket terbaru ini membuat total bantuan ke Ukraina sejak invasi Rusia menjadi lebih dari 35,4 miliar dollar AS (Rp 529,49 triliun).

Baca juga: Daftar Negara yang Terbanyak Membantu Ukraina Perang Lawan Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com