Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar yang Lempar Telur ke Raja Charles III Dinyatakan Bersalah

Kompas.com - 15/04/2023, 22:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Patrick Thelwell (23), pelajar yang melempar telur ke Raja Charles III tahun lalu, pada Jumat (14/4/2023) dinyatakan bersalah atas perilaku yang mengancam.

Raja Charles dilempar setidaknya lima telur ke arahnya saat berjalan-jalan di timur laut Kota York. Thelwell mengeklaim, aksinya dilakukan untuk menanggapi kekerasan negara.

Thelwell di pengadilan membantah pelanggaran tersebut dengan alasan penggunaan kekerasan tingkat rendah adalah sah, karena itu pembelaan diri terhadap kekerasan yang dilakukan negara Inggris.

Baca juga: Lempar Telur ke Arah Raja Charles III dan Camilla, Seorang Pria Diamankan

Hakim Paul Goldspring selaku kepala hakim di pengadilan York memutuskan Thelwell bersalah atas dakwaan tersebut.

"(Thelwell) bermaksud membuat Raja Charles percaya bahwa kekerasan yang melanggar hukum akan segera digunakan untuk melawannya," kata Goldspring, dikutip dari kantor berita AFP.

Raja Charles III dan Ratu Camilla berada di kota York pada 9 November 2022 untuk meresmikan patung mendiang Ratu Elizabeth II di York Minster.

Mereka disambut oleh pejabat setempat ketika Thelwell mengarahkan lima telur yang "hampir mengenai Raja Charles," kata pengadilan York selama persidangan.

Baca juga: Raja Charles Diserang Telur Lagi Saat Menyapa Warga Inggris di Jalan, Pelaku Ditangkap

Thelwell terdengar mencemooh dan berteriak, "Negara ini dibangun di atas darah budak" dan "bukan rajaku" saat insiden tersebut. Dia kemudian ditahan polisi.

Beberapa orang di kerumunan bereaksi dengan meneriakkan, "Tuhan selamatkan Raja (God save the King)" dan "Kamu memalukan" kepada Thelwell.

Thelwell dijatuhi hukuman 100 jam kerja sosial tanpa bayaran.

Baca juga: Pelempar Telur ke Raja Charles III Didakwa, Hukuman Penjara jika Terbukti Bersalah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com