Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Pembunuhan Abby Choi dan 4 Terdakwanya, Mantan Suami hingga Mertua

Kompas.com - 27/02/2023, 20:02 WIB
BBC News Indonesia,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

HONG KONG, KOMPAS.com - Mantan suami dan mantan mertua model sekaligus influencer Hong Kong, Abby Choi, muncul di pengadilan dan didakwa terlibat dalam pembunuhannya.

Selain Alex Kwong--mantan suami Choi, adiknya yang bernama Anthony dan ayahnya yang bernama Kwong Kau, didakwa melakukan pembunuhan terhadap Abby Choi.

Sementara ibu Kwong didakwa menghalangi penyelidikan kasus tersebut.

Baca juga: Abby Choi Model Hong Kong Ditemukan Tewas Dimutilasi, Mantan Suami dan Keluarganya Ditangkap

Jaminan yang diajukan keempatnya ditolak pengadilan.

Selain keempat terdakwa, polisi dilaporkan telah menahan seorang perempuan yang diduga merupakan kekasih ayah mertua Choi. Dia diduga terlibat dalam tindakan kriminal itu karena dia adalah penyewa rumah tempat jasad Choi ditemukan.

Sidang berikutnya akan digelar pada 8 Mei mendatang.

Abby Choi dilaporkan hilang pada Selasa (21/2/2023), setelah dia tidak menjemput putrinya. Detil pembunuhannya yang melibatkan mutilasi telah mengejutkan Hong Kong.

Layar kereta di Hong Kong menampilkan berita pembunuhan model Abby Choi (28) pada Senin (27/2/2023). Sebanyak empat orang ditangkap atas kasus model Hong Kong dimutilasi ini.AFP/PETER PARKS Layar kereta di Hong Kong menampilkan berita pembunuhan model Abby Choi (28) pada Senin (27/2/2023). Sebanyak empat orang ditangkap atas kasus model Hong Kong dimutilasi ini.
Artikel ini berisi detail yang mungkin membuat beberapa pembaca merasa tidak nyaman.

Kepala Choi ditemukan di salah satu panci berisi sup, di sebuah rumah tiga lantai di distrik Tai Po pada Minggu (26/02).

Penemuan itu terjadi dua hari setelah bagian tubuhnya yang lain ditemukan di dalam lemari pendingin pada Jumat (24/2/2023) di lokasi yang sama, kira-kira 27 kilometer dari tempat dia terakhir terlihat di Kota Kowloon.

Alat pengiris daging dan gergaji listrik juga ditemukan di tempat kejadian, di samping dua jenis pisau daging, palu, pelindung wajah, jas hujan berwarna hitam, dan tas tangan ungu milik Choi.

Para tersangka dikatakan menutupi dinding flat dengan kain.

Baca juga:

Inspektur polisi Alan Chung mengatakan Choi diserang di dalam kendaraan yang memiliki tujuh tempat duduk. Di dalam kendaraan itu ditemukan ceceran darah.

Alan menambahkan sebuah lubang berukuran 6,5 sentimeter kali 5,5 sentimeter ditemukan di bagian belakang tengkorak Choi, yang diyakini ahli forensik sebagai pukulan fatal.

Alan Chung juga mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa Choi dan keluarga mantan suaminya diyakini kerap berselisih soal keuangan yang melibatkan "jumlah besar".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com