Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-96 Serangan Rusia ke Ukraina, Rumor Putin Sakit, Serangan Balik Kherson

Kompas.com - 31/05/2022, 07:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Pada hari ke-96 perang Rusia Ukraina, Senin (30/5/2022), muncul rumor Presiden Vladimir Putin sakit.

Sementara itu di Kherson pasukan Ukraina melancarkan serangan balik, dan tentara Rusia terus merangsek maju ke kota Severedonetsk di timur.

Rangkuman selengkapnya serangan Rusia ke Ukraina pada hari ke-96 perang berkecamuk dapat Anda baca di bawah ini.

Baca juga: Negara-negara Netral Eropa Mulai Daftar NATO, Apakah Austria Selanjutnya?

1. Rusia maju ke kota timur

Pasukan Rusia terus mendekat ke pusat kota Severodonetsk di Ukraina timur, yang telah dibombardir selama berminggu-minggu dalam pertempuran untuk memperebutkan jantung industri Ukraina, Donbass.

"Rusia maju ke tengah Severodonetsk. Pertempuran berlanjut. Situasinya sangat sulit," kata Gubernur Luhansk Sergiy Gaiday di Telegram.

Severodonetsk adalah kota paling timur yang masih berada di tangan Ukraina. Mendudukinya akan memberi Rusia kendali de facto atas Luhansk, salah satu dari dua wilayah timur guna menguasai Donbass yang menjadi fokus saat ini.

Gaiday mengatakan, infrastruktur penting kota Severodonetsk telah hancur dan 60 persen perumahannya rusak tidak dapat diperbaiki.

2. Zelensky kunjungi Kharkiv

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat mengunjungi garis depan konflik melawan separatis yang didukung Rusia di Donetsk, 11 Februari 2021. Foto ini dirilis oleh kantor pers kepresidenan Ukraina.AFP via KYIV POST Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat mengunjungi garis depan konflik melawan separatis yang didukung Rusia di Donetsk, 11 Februari 2021. Foto ini dirilis oleh kantor pers kepresidenan Ukraina.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meninggalkan wilayah Kyiv untuk kali pertama sejak invasi Rusia dimulai, dengan mengunjungi kota Kharkiv di timur laut.

Kharkiv adalah lokasi pasukan Ukraina memukul mundur tentara Rusia dalam beberapa pekan terakhir.

Kantor Zelensky mengunggah video dirinya mengenakan rompi antipeluru dan diperlihatkan bangunan yang hancur parah di kota terbesar kedua Ukraina tersebut, setelah diserang tanpa henti selama hampir tiga bulan.

Zelensky memecat kepala keamanan Kharkiv dengan alasan tidak bekerja untuk mempertahankan kota dari hari-hari pertama perang skala penuh dan hanya memikirkan dirinya sendiri.

Baca juga: Zelensky Pecat Kepala Keamanan Kharkiv karena Pikirkan Diri Sendiri

3. Serangan balik Ukraina di Kherson

Pasukan Ukraina melakukan serangan balik di selatan, mengeklaim telah memukul mundur pasukan Rusia di Kherson, satu-satunya wilayah yang sepenuhnya dikendalikan oleh pasukan Rusia.

"Kherson, tunggu sebentar. Kami sudah dekat!" twit staf umum Ukraina.

Kherson yang berbatasan dengan Crimea direbut oleh pasukan Rusia pada Maret, dan pejabat yang didukung Moskwa di wilayah tersebut baru-baru ini mendukung pencaplokannya.

4. Menteri Luar Negeri Perancis kunjungi Kyiv

Menteri Luar Negeri Perancis Catherine Colonna mengunjungi Kyiv untuk berbicara dengan Zelensky. Ini adalah kunjungan pertama seorang menteri Perancis ke Ukraina sejak invasi Rusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com