Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disuruh Pakai Masker, Pria Ini Marah lalu Tembak Mati Petugas Pom Bensin

Kompas.com - 27/03/2022, 16:37 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

IDAR-OBERSTEIN, KOMPAS.com - Seorang pria berusia 50 tahun diadili di Jerman pada Senin (21/3/2022) dengan tuduhan menembak mati seorang kasir pom bensin tahun lalu, karena dia marah setelah disuruh memakai masker saat membeli bir.

Pembunuhan pada September 2021 di kota Idar-Oberstein itu mengejutkan Jerman, yang mengalami kemunculan gerakan vokal anti-masker dan anti-vaksin sebagai tanggapan atas pembatasan virus corona oleh pemerintah.

Perselisihan dimulai ketika petugas SPBU yang merupakan mahasiswa berusia 20 tahun bernama Alex W meminta terdakwa mengenakan masker di dalam toko, seperti yang dipersyaratkan di semua toko Jerman pada saat itu. Setelah perdebatan singkat, terdakwa pergi.

Baca juga: Bocah 3 Tahun Tak Sengaja Tembak Mati Ibunya Saat Bermain Pistol

Terdakwa--yang diidentifikasi hanya sebagai Mario N--kembali sekitar satu setengah jam kemudian, kali ini mengenakan masker. Namun, ketika dia membawa enam bungkus birnya ke kasir, dia melepas maskernya dan pertengkaran lain pun terjadi.

Jaksa mengatakan, Mario kemudian mengeluarkan pistol dan menembak petugas kasir di kepala.

Berbicara di pengadilan distrik di Bad-Kreuznach, jaksa Nicole Frohn mengatakan, Mario N merasa semakin kesal tentang aturan-aturan yang diberlakukan untuk mengekang pandemi, dan memandangnya sebagai pelanggaran terhadap hak-haknya.

"Karena dia tahu dia tidak bisa menghubungi politisi yang bertanggung jawab, dia memutuskan untuk membunuhnya (Alex W)," kata jaksa Frohn dari AFP.

Mario N menyerahkan diri ke polisi sehari setelah penembakan.

Pengadilannya dijadwalkan berlangsung hingga pertengahan Mei. Selain pembunuhan, dia juga didakwa dengan kepemilikan senjata api secara tidak sah.

Jerman bulan ini melonggarkan sebagian besar aturan virus corona, tetapi masker wajah masih wajib dipakai di beberapa pengaturan dalam ruangan.

Baca juga: Aparat Meksiko Tangkap Bos Kartel Narkoba Buronan AS, Diwarnai Baku Tembak Sengit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com