Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vatikan Selidiki 251 Kasus Pedofilia di Gereja Katolik Spanyol

Kompas.com - 20/12/2021, 15:31 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

VATIKAN, KOMPAS.com - Laporan investigasi surat kabar Spanyol yang menemukan 251 tersangka kasus pedofilia di dalam gereja Katolik negara itu telah diteruskan ke Vatikan.

Sebagai tindak lanjut, Vatikan akan membuka penyelidikan internal.

"Gereja telah membuka penyelidikan besar-besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya di Spanyol, terhadap 251 anggota klerus (golongan rohaniwan) dan sejumlah organisasi dalam gereja yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang telah diselidiki surat kabar ini selama tiga tahun," tulis El Pais sebagaimana dikutip dari Kantor Berita AFP, Senin (20/12/2021).

Baca juga: Paus Fransiskus Tunjuk Raffaella Petrini sebagai Perempuan Pertama yang Jadi Sekjen Gubernur Vatikan

Tuduhan-tudahan dan katerangan para saksi yang membentang dari 1943 hingga 2018 yang dijelaskan secara detail dalam laporan El Pais sudah diserahkan kepada Paus Fransiskus di Vatikan pada 2 Desember 2021.

Sebelum merilis hasil penyelidikannya, surat kabar El Pais telah menerbitkan beberapa kasus pertamanya secara anonim dalam situsnya.

Kongregasi untuk Doktrin Keimanan Vatikan yang bertanggung jawab untuk menyelidiki tuduhan tersebut, tidak dapat mengkonfirmasi bahwa penyeledikan telah dimulai saat ditanya AFP pada Minggu (19/12/2021) waktu setempat.

Sementara, Konferensi Episkopal Spanyol menegaskan kembali komitmen dan kesediaannya untuk melakukan penyelidikan atas semua kasus pelecehan dan mendorong semua korban untuk menyampaikan pengaduan mereka.

Hal itu disampaikan Konferensi Episkopal Spanyol dalam sebuah pernyataannya, Minggu.

Menurut juru bicara Konferensi Episkopal Spanyol kepada AFP, sejak 2001 lalu, Vatikan sedikitnya telah menerima 220 pengaduan kekerasan seksual.

Baca juga: Agatha Lidya, Satu-satunya Wakil Indonesia dalam Pembukaan Sinode di Vatikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com