Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Ibu Berniat Menyusui Anak Laki-lakinya hingga Usia 10 Tahun

Kompas.com - 23/10/2021, 16:40 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber The Sun

LONDON, KOMPAS.com - Seorang ibu dari Inggris masih menyusui anak laki-lakinya yang sudah masuk usia sekolah, dan tidak akan berhenti sampai mereka berusia 10 tahun.

Sheryl Wynne dari Wakefield, West Yorkshire bersikeras bahwa menyusui anak-anaknya sampai usia sekolah adalah hal yang normal karena mempererat ikatan seumur hidup mereka.

Ibu berusia 39 tahun ini biasa menyusui dua anak laki-lakinya, Riley (6 tahun) dan Mylo (5 tahun) pada waktu sebelum berangkat sekolah, sore hari, dan selama malam hari, seperti yang dilansir dari The Sun pada Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Studi Terbaru: Tak Ditemukan Kandungan Vaksin dalam ASI, Ibu Menyusui Aman Divaksinasi

Wynne mengklaim bahwa memberi air susu ibu (ASI) secara langsung kepada anak-anak adalah "alat asuh yang paling utama" untuk membantu menenangkan dan menghibur mereka ketika mereka kecewa atau sakit.

Namun, ia mengaku tidak sedikit orang yang menentangnya baik dari orang asing maupun keluarganya sendiri.

Mereka mempertanyakan perkembangan perilaku anak-anaknya yang masih disusui ibu sampai usia sekolah. Wynne membela diri dengan meyakini bahwa "mereka itu anak-anak".

Ia mengungkapkan sempat berpikir untuk berhenti menyusui ketika Riley berusia 3 tahun. Namun, ia mengurungkan niat dan lanjut memberi ASI.

Wynne ingin melibatkan anaknya dalam mengambil keputusan untuk berhenti memberi ASI. Anak laki-laki pertamanya kemudian mengatakan ingin berhenti menyusu ibunya saat berusia 10 tahun.

"Itu yang mereka minta dan itu normal secara biologis, meskipun tidak di masyarakat," katanya yang seorang guru hypnobirthing dan doula.

Baca juga: Studi Terbaru: Tak Ditemukan Kandungan Vaksin dalam ASI, Ibu Menyusui Aman Divaksinasi

"Kami memulai percakapan ketika Riley berusia 3 tahun. Kapan akan berhenti minum ASI, dan Riley berkata ketika dia berusia sepuluh tahun. Dan saya mengatakan kepadanya bahwa tidak masalah," ujarnya.

"Pilihannya bukan hanya pada diriku, ini adalah hubungan, karena itu adalah sesuatu yang kita lakukan bersama," jelasnya.

"Bukannya saya tidak punya pilihan, sering kali mereka memintanya," ucapnya.

Ketika anak-anak laki-lakinya meminta minum ASI, Wynne akan selalu mengizinkannya.

"Aku bertanya-tanya apakah mereka akan begini sepanjang malam," sempat ia bertanya-tanya saat anak laki-lakinya meminta menyusu pada malam hari.

Namun ia merasa dengan tetap menyusui putra-putranya, hubungan mereka semakin erat.

Baca juga: Berambut Panjang, Pemuda Ini Dimintai ASI oleh Keponakannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com