Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adik Kim Jong Un Marah, Peringatkan Kehancuran Hubungan Dua Korea Setelah Sama-sama Uji Rudal Balistik

Kompas.com - 16/09/2021, 13:32 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

SEOUL, KOMPAS.com - Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Rabu (15/9/2021) mengkritik presiden Korea Selatan dan mengancam "kehancuran total" hubungan bilateral, setelah kedua negara menguji rudal balistik dalam selang waktu beberapa jam.

Peluncuran rudal menegaskan kembalinya ketegangan antara saingan bertetangga ini, ketika pembicaraan untuk melucuti program nuklir Korea Utara terhenti.

Baca juga: Usai Uji Coba Misil Jelajah, Korea Utara Disebut Luncurkan Rudal Balistik

Adik Kim, Kim Yo Jong, mengkritik Presiden Korea Selatan Moon Jae-in atas komentar yang dibuatnya saat mengamati uji coba rudal negara Korea Selatan, termasuk uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam.

Presiden Korea Selatan mengatakan, kemampuan rudal Korea Selatan yang berkembang akan berfungsi sebagai "pencegahan yang pasti" terhadap provokasi Korea Utara.

Tes itu dilakukan beberapa jam setelah militer Korea Selatan dan Jepang mengatakan, Korea Utara menembakkan dua rudal balistik ke laut.

Dalam sebuah pernyataan oleh media pemerintah, Yo Jong memarahi Moon karena menggambarkan demonstrasi senjata Korea Utara sebagai provokasi.

Dia pun memperingatkan "kehancuran total" hubungan bilateral jika Seoul melanjutkan apa yang digambarkannya sebagai fitnah Korea Utara.

Baca juga: Sejumlah Skenario yang Bisa Runtuhkan Rezim Korea Utara, Apa Saja?

Korea Utara, menurutnya, sedang mengembangkan kemampuan militernya untuk pertahanan diri, tanpa menargetkan negara tertentu, seperti halnya Korea Selatan.

Korea Utara sering menuduh Selatan munafik karena memperkenalkan senjata modern, sambil menyerukan pembicaraan untuk meredakan ketegangan antara negara-negara yang terpecah.

"Jika presiden ikut dalam fitnah dan fitnah (terhadap Korut), ini akan diikuti dengan tindakan balasan, dan hubungan Utara-Selatan akan didorong ke arah kehancuran total," katanya melansir AP.

"Kami tidak menginginkan itu."

Militer Korea Selatan dan Jepang mengatakan, dua rudal balistik jarak pendek yang ditembakkan oleh Korea Utara terbang 800 kilometer (500 mil), sebelum mendarat di laut di dalam zona ekonomi eksklusif Jepang.

Itu dinilai sebagai sebuah perkembangan yang mengkhawatirkan, meskipun tidak mencapai perairan teritorial Jepang.

Terakhir kali rudal Korea Utara mendarat di dalam zona itu adalah pada Oktober 2019.

Baca juga: AS Sebut Uji Coba Rudal Korea Utara adalah Ancaman bagi Sekitarnya

Peluncuran itu dilakukan dua hari setelah Korea Utara mengatakan, pihaknya menembakkan rudal jelajah yang baru dikembangkan. Ini adalah uji coba rudal pertama yang diketahui dalam enam bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com