Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Kirim 600 Tentara untuk Evakuasi Warganya dari Afghanistan

Kompas.com - 14/08/2021, 11:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris pada Kamis (12/8/2021) mengatakan, pihaknya mengirim 600 tentara untuk membantu evakuasi warganya dari Afghanistan, termasuk staf Kedutaan Besar.

Pengumuman Inggris dikeluarkan setelah Amerika Serikat (AS) melakukan hal serupa, mengingat agresi Taliban yang semakin gencar.

"Saya mengizinkan pengerahan personel militer tambahan untuk membantu para diplomat di Kabul, membantu warga negara Inggris meninggalkan negara itu, dan mendukung relokasi mantan staf Afghanistan yang mempertaruhkan hidup mereka untuk bertugas bersama kami," kata Menteri Pertahanan Ben Wallace dikutip dari AFP.

Baca juga: AS Kirim 3.000 Tentara untuk Evakuasi Staf Kedubes di Afghanistan

"Keamanan warga negara Inggris, personel militer Inggris, dan mantan staf Afghanistan adalah prioritas pertama kami. Kami harus melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan keselamatan mereka," tambahnya.

Personel militer akan dikerahkan ke Afghanistan dalam waktu dekat, karena meningkatnya kekerasan dan dengan cepat memburuknya situasi keamanan di negara itu, ujar kantor Kementerian Pertahanan Inggris (MoD).

Jumlah staf yang bekerja di Kedutaan Besar Inggris di Kabul telah dikurangi menjadi tim kecil, yang berfokus pada penyediaan layanan konsuler dan visa bagi mereka yang perlu segera meninggalkan negara itu, tambahnya.

Kantor Luar Negeri Inggris mengubah saran perjalanannya pada Jumat pekan lalu (6/8/2021), agar semua warga negara Inggris meninggalkan Afghanistan sesegera mungkin.

Baca juga: Taliban Menggila, Inggris Minta Semua Warganya Tinggalkan Afghanistan

Pengerahan militer akan memberikan perlindungan kekuatan dan dukungan logistik untuk relokasi warga negara Inggris yang tersisa jika diperlukan, menurut Kementerian Pertahanan.

Tentara juga akan membantu mempercepat program pemerintah Inggris untuk merelokasi warga Afghanistan yang mendukung personel militer Inggris yang beroperasi di dalam negeri selama dua dekade terakhir.

"Ini akan membantu memastikan penerjemah dan staf Afghanistan lainnya yang mempertaruhkan hidup mereka bekerja bersama pasukan Inggris di Afghanistan dapat pindah ke Inggris sesegera mungkin," lanjut pernyataan Kemenhan.

Baca juga: Bagaimana Taliban Bisa Merebut Wilayah-wilayah Afghanistan Begitu Cepat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com