Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Palestina dan Polisi Israel Bentrok di Masjid Al-Aqsa, Hamas Serukan Demonstrasi

Kompas.com - 08/05/2021, 12:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

YERUSALEM, KOMPAS.com – Bentrokan pecah di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, antara warga Palestina dengan polisi Israel ada Jumat malam (7/5/2021) waktu setempat.

Sebanyak 200 warga Palestina dan 17 polisi Israel dilaporkan mengalami luka-luka akibat bentrokan tersebut sebagaimana dilansir The Times of Israel.

Baca juga: Warga Palestina Bentrok dengan Polisi Israel di Masjid Al-Aqsa, 136 Orang Terluka

Kericuhan tersebut membuat dua kelompok yakni warga Arab di Israel dan Hamas di Jalur Gaza berencana menggelar aksi protes pada Sabtu (8/5/2021).

Sebuah badan yang mewakili orang Arab Israel, Komite Tindak Lanjut Tinggi untuk warga Arab di Israel, menyerukan protes di seluruh negeri sebagai tanggapan atas kekerasan tersebut.

Di Gaza, Hamas menyerukan demonstrasi di dekat pagar perbatasan Gaza dengan Israel pada Sabtu sebagai bentuk protes atas tindakan Israel di Yerusalem.

Sementara itu, Komite Israel Melawan Penggusuran Rumah menyerukan dukungannya terhadap Yerusalem dan rakyatnya dalam menghadapi "agresi” terhadap Masjid Al-Aqsa.

Baca juga: Update: Korban Luka Bentrokan di Masjid Al-Aqsa Jadi 200 Orang

Pihaknya berencana mengirim delegasi ke Yerusalem, termasuk ke lingkungan Sheikh Jarrah Yerusalem Timur yang telah menjadi pusat demonstrasi baru-baru ini.

Organisasi yang melawan pemukiman Israel tersebut menyatakan, “pasukan pendudukan Israel” melakukan agresi terhadap ribuan jemaah di Masjid Al-Aqsa.

“Ini adalah indikator berbahaya dari apa yang direncanakan pendudukan dalam beberapa hari mendatang untuk kota (Yerusalem) dan Masjid Al-Aqsa,” kata Komite Israel Melawan Penggusuran Rumah.

The Times of Israel melaporkan, tentara Israel tidak terlibat dalam insiden pada Jumat malam tersebut.

Baca juga: Masjid Al-Aqsa, Titik Pertikaian Panjang Palestina-Israel

Polisi Israel menyerbu kompleks Al-Aqsa pada Jumat malam setelah warga Palestina melemparkan batu dan botol ke petugas.

Video rekaman dari tempat kejadian yang tersebar menunjukkan, terjadi bentrokan yang cukup sengit.

Warga Palestina melempar kursi, sepatu, batu, botol dan menembakkan kembang api. Sementara polisi Israel menanggapinya dengan granat kejut, gas air mata, dan peluru karet.

Baca juga: Ditahan Pasukan Israel, Imam Masjid Al-Aqsa Akhirnya Dibebaskan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com