Ditahan Pasukan Israel, Imam Masjid Al-Aqsa Akhirnya Dibebaskan

Kompas.com - 11/03/2021, 09:27 WIB
Imam Masjid Al-Aqsa, Syekh Ekrima Sabri. AFP/BEHROUZ MEHRIImam Masjid Al-Aqsa, Syekh Ekrima Sabri.

TEL AVIV, KOMPAS.com – Israel akhirnya membebaskan Imam Masjid Al-Aqsa, Syekh Ekrima Sabri, setelah menahannya selama beberapa jam.

Polisi dan agen intelijen Israel menangkap Syekh Sabri di rumahnya di Yerusalem Timur pada Rabu (10/3/2021) pagi waktu setempat lalu membebaskannya beberapa jam kemudian.

Syekh Sabri mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pasukan keamanan Israel menggerebek rumahnya lalu menangkapnya.

Syekh Sabri menambahkan, dia ditangkap karena berencana ikut serta dalam peringatan Isra Mikraj di daerah Bab Al-Rahma di Yerusalem.

Baca juga: Israel Hancurkan Rumah Kepala Penjaga Masjid Al-Aqsa, Hamas Mengamuk

Dia menambahkan, dia dituduh melanggar keputusan pengadilan Israel yang menutup gerbang Bab al-Rahma di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Melansir Daily Sabah, Syekh Sabri bertutur bahwa penangkapannya tersebut hanya karena masalah sepele.

Dia mengatakan kepada petugas keamanan Israel bahwa masjid masih terbuka untuk shalat dan kegiatan keagamaan dapat dilakukan di bagian mana pun.

"Ini adalah posisi saya, dan dinas intelijen tidak dapat menuntut saya dengan apa pun yang pantas untuk dirujuk ke pengadilan," ujar Sabri.

Baca juga: Palestina: UEA Tidak Berhak Ikut Campur Urusan Masjid Al Aqsa

Otoritas Israel telah menangkap pria berusia 82 tahun itu beberapa kali di masa lalu dan bahkan melarangnya memasuki Masjid Al-Aqsa selama beberapa bulan.

Selain itu, pasukan Israel telah menangkap ratusan warga Palestina sejak awal 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X