Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes RI Sampaikan Surat Kepecayaan ke Presiden Aljazair

Kompas.com - 11/03/2021, 16:23 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

ALGIERS, KOMPAS.com - Duta Besar RI untuk Aljazair, Chalief Akbar, menyampaikan surat kepercayaan kepada Presiden Aljazair, Abdelmadjid Tebboune, di Istana Kepresidenan, pada Rabu (10/3/2021).

Mengutip siaran pers yang diterima Kompas.com, Duta Besar Chalief berkesempatan melakukan audiensi yang utamanya membahas penguatan kerja sama kedua negara, khususnya di sektor ekonomi, perdagangan, dan investasi.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Chalief menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia, kepada Presiden Tebboune dan seluruh rakyat Aljazair.

Baca juga: Presiden Aljazair Dipindah ke Jerman Setelah Dirawat di Aljir

Duta Besar Chalief juga menekankan kedekatan hubungan kedua negara yang sudah terjalin lama sejak sebelum kemerdekaan Aljazair, dan dukungan Indonesia atas perjuangan kemerdekaan Aljazair yang disuarakan melalui Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955.

Duta Besar RI untuk Aljazair, Chalief Akbar, saat menyampaikan surat kepercayaan kepada Presiden Aljazair, Abdelmadjid Tebboune, di Istana Kepresidenan, pada Rabu (10/3/2021).KBRI ALJAZAIR Duta Besar RI untuk Aljazair, Chalief Akbar, saat menyampaikan surat kepercayaan kepada Presiden Aljazair, Abdelmadjid Tebboune, di Istana Kepresidenan, pada Rabu (10/3/2021).
Kedekatan historis itu disebut KBRI Aljazair dapat menjadi landasan yang kuat dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan di masa mendatang.

Presiden Tebboune lalu mengucapkan selamat kepada Chalief Akbar sebagai Duta Besar Republik Indonesia, dan memberikan dukungan atas segala upaya memperluas hubungan bilateral Indonesia-Aljazair.

Baca juga: Mahasiswa Aljazair Lanjutkan Demonstrasi, Tantang Perintah Polisi

Presiden berusia 75 tahun itu pun menyambut baik upaya penguatan kerja sama kedua negara dan membuka secara luas kesempatan investasi Indonesia di berbagai sektor potensial.

Selain ekonomi dan perdagangan, sektor lainnya yang cukup potensial untuk dikembangkan bersama di masa mendatang adalah pertanian dan wisata religi, mengingat kedua negara memiliki mayoritas penduduk beragama Islam.

Baca juga: Kekerasan Junta Militer Meningkat, KBRI Yangon Siaga II

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com