Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Pandemi, Aktris Bollywood Jadi Perawat, Terinfeksi Covid-19 lalu Kena Stroke

Kompas.com - 11/03/2021, 14:25 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

NEW DELHI, KOMPAS.com - Satu tahun setelah pandemi Covid-19, dunia telah menyaksikan kematian, kesulitan ekonomi, dan kecemasan dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Namun, permadani masa-masa sulit ini dijalin oleh banyak orang dengan pengorbanan, keberanian, dan tekad yang kuat untuk bertahan sampai terbebas dari pandemi.

Semua berusaha melakukan banyak perubahan untuk adaptasi. Ada juga yang harus kembali ke titik awal dalam karier mereka, sambil tidak pernah menyerah.

Shikha Malhotra menjalani kehidupan glamor sebagai aktris Bollywood yang sedang naik daun di India dengan beberapa film.

Dari bekerja dengan superstar industri Shah Rukh Khan pada 2016 hingga memainkan peran utama dalam rilis 2020 Kaanchli - Life in a Slough, Malhotra telah sukses dan benar-benar sampai di puncak industri Bollywood.

Akan tetapi, ketika pandemi virus corona melanda India dan kampung halamannya Mumbai, dia memutuskan sudah waktunya untuk bertindak. Hanya saja, kali ini tanpa lampu yang bersinar dan kamera yang berputar.

Baca juga: India Klaim Banyak Warga Myanmar yang Antre di Perbatasan untuk Mengungsi

Dua hari setelah India melakukan penguncian nasional pada Maret 2020, Malhotra - yang memiliki gelar perawat - mulai menjadi sukarelawan di rumah sakit di sekitar kota.

"Saya pertama kali menjadi petugas perawat, lalu aktris," kata Malhotra melansir Al Jazeera pada Rabu (10/3/2021).

“Saya melihat hidup dan mati. Begitu banyak ekspresi, emosi, kebahagiaan, kesedihan, yang mengubah saya. Saya pikir, tiba-tiba saya menjadi orang yang lebih dewasa, lebih membumi.”

Mumbai adalah salah satu kota terparah di India. Negara ini memiliki beban kasus Covid-19 tertinggi kedua di dunia.

Dinyatakan positif Covid-19

Menurut wanita 25 tahun itu, dia terinspirasi melayani sebagai perawat usai mengamati pekerja kesehatan yang berjuang di lini depan pandemi.

Apalagi, sang ibunya juga menjadi perawat yang bekerja di bangsal Covid-19 dan mempertaruhkan hidupnya untuk mencoba mengurangi beban krisis.

Malhotra bekerja sebagai petugas perawat di rumah sakit pemerintah, melayani dan merawat pasien Covid-19 dari segala usia.

Baca juga: Genap 100 Hari Berdemo Tolak UU Pertanian, Petani India Blokade Jalan

Namun, tujuh bulan kemudian pada Oktober, dia juga dinyatakan positif mengidap penyakit menular. Perlu satu bulan untuknya pulih sendirian di rumah sakit.

Ironisnya, segera setelah sembuh, dia mengalami serangan stroke. Penyakit itu membuat bagian kanan tubuhnya lumpuh. Ini adalah kali kedua bagi Malhotra menderita kelumpuhan.

“Saya pikir, ini merupakan kemunduran besar bagi saya karena mengalami serangan ini untuk kedua kalinya, saya pikir, 'Oh, ini sudah berakhir',” katanya.

Malhotra telah pulih sepenuhnya. Dia yakin tidak akan dapat pulih tanpa dukungan dari orang tuanya.

Ketika tawaran untuk bekerja di film mulai mengalir, Malhotra mengatakan, dia berencana untuk melanjutkan karier aktingnya. Namun, dia siap kembali melayani sebagai perawat kapan pun dia dibutuhkan.

Baca juga: 3 Tentara Myanmar Mengungsi ke India daripada Turuti Perintah Junta Militer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com