Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika 2.292 Penonton Tanaman Hadiri Konser Opera Barcelona

Kompas.com - 23/06/2020, 11:42 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

BARCELONA, KOMPAS.com - Gedung Opera Barcelona Liceu yang buka lagi pada Senin (22/6/2020), kedatangan hadirin "spesial" yakni 2.292 pot tanaman.

Pembukaan ini adalah yang pertama kalinya dalam 3 bulan terakhir, terkait lockdown virus corona yang diterapkan Spanyol.

Pengelola gedung mengungkapkan, tujuan dipasangnya hampir 2.300 pot tanaman itu adalah cerminan dari keadaan saat ini, ketika alam menempati ruang-ruang yang sempat ditinggalkan manusia.

Baca juga: Mengenang Korban Covid-19, Spanyol Adakan 10 Hari Berkabung Nasional

"Alam mengambil lagi ruang yang kita ambil darinya," kata produser eksekutif Eugenio Ampudio di atas panggung pada latihan sore sebelum konser.

"Bisakah kita memperluas empati kita? Mari kita mulai dengan seni dan musik, di teater yang besar, dengan mengundang alam masuk," lanjutnya dikutip dari Reuters Selasa (23/6/2020).

Gedung opera Barcelona Liceu adalah bangunan neo-klasik dari abad ke-19 dan merupakan salah satu gedung opera terbesar di Eropa.

Baca juga: New Normal Spanyol, Madrid dan Barcelona Bergembira Bersama Rayakan Akhir Lockdown

Konser yang disiarkan langsung via live stream itu dihadiri 2.292 pot tanaman yang ditempatkan di setiap kursi. Tanaman-tanaman itu kemudian akan disumbangkan ke petugas medis di garis terdepan melawan virus corona.

Pagelaran bertajuk "Konser untuk Biosen" ini diadakan setelah berakhirnya keadaan darurat nasional di Spanyol pada Minggu (21/6/2020).

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com