New Normal Spanyol, Madrid dan Barcelona Bergembira Bersama Rayakan Akhir Lockdown

Kompas.com - 26/05/2020, 18:09 WIB
Orang-orang memadati kafe teras Chiringuito (bar pantai) di pantai Barceloneta, untuk merayakan pencabutan lockdown fase satu, di Barcelona, Spanyol, 25 Mei 2020. REUTERS/NACHO DOCEOrang-orang memadati kafe teras Chiringuito (bar pantai) di pantai Barceloneta, untuk merayakan pencabutan lockdown fase satu, di Barcelona, Spanyol, 25 Mei 2020.

MADRID, KOMPAS.com - Para penduduk di kota Madrid dan Barcelona bersuka ria bersama merayakan akhir lockdown untuk menyambut new normal pada Senin (25/5/2020).

Dilansir dari AFP, ratusan penduduk Madrid membanjiri taman kota dan bar teras Barcelona dipenuhi pengunjung untuk pertama kalinya, sejak penutupan selama berbulan-bulan.

Di pagi hari, Retiro Park yang terkenal di Madrid dipenuhi orang-orang yang berjalan menikmati sinar matahari, dan sejumlah orang jogging mengitari danau.

Baca juga: Naik 14.919 dalam 24 Jam, Kasus Covid-19 di Brasil Lampaui Italia dan Spanyol

Salah satu pengunjung bernama David Mondrego (29) yang datang bersama pacarnya orang Italia mengatakan, mereka senang akhirnya bisa keluar.

"Aku merindukan udara terbuka, aroma taman dan melihat pepohonan. Ini sangat berbeda dari pemandangan di luar jendela Anda," katanya kepada jurnalis AFP, seraya menceritakan dirinya tinggal di apartemen seluas 30 meter persegi.

"Sangat senang taman itu terbuka lagi," ucap tukang kebun Maria Martin (56) yang sedang memangkas rumput.

Namun kebahagiaan ini masih diliputi kecemasan, karena "masih ada orang antara hidup dan mati di rumah sakit," lanjut Martin saat mendengar sirine ambulans berbunyi di jalan.

Baca juga: Nenek 113 Tahun di Spanyol Berhasil Kalahkan Virus Corona

Madrid dan Barcelona adalah dua wilayah yang menanggung beban terberat dari pandemi ini di Spanyol, yang secara keseluruhan telah menewaskan lebih dari 28.700 orang di Negeri "Matador".

Tapi kini, mereka dapat bertemu teman dan keluarga dalam kelompok hingga 10 orang, di rumah, bar, atau kafe teras yang baru dibuka kembali, dengan tetap menerapkan social distancing.

Kemudian bagi semua penduduk di atas usia 6 tahun, diwajibkan memakai masker di tempat umum yang tidak memungkinkan menjaga jarak aman dua meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X