Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpan Scoby Kombucha yang Benar, Jangan Taruh di Dalam Kulkas

Kompas.com - 22/05/2024, 08:35 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Scoby atau symbiotic culture of bacteria merupakan starter yang digunakan untuk membuat kombucha (minuman fermentasi teh).

Saat membuat kombucha, mulanya scoby akan direndam di dalam teh hitam ataupun teh manis, setelahnya dibiarkan berfermentasi selama satu hingga empat minggu.

Bila ingin menambahkan rasa buah pada kombucha, buah biasanya dimasukkan ke dalam rendaman kombucha pada pekan kedua atau ketiga setelah scoby direndam.

Baca juga:

Cara merawat scoby termasuk sederhana, ia tidak akan basi asalkan disimpan dengan cara yang benar. Penyimpanan scoby yang salah dapat berujung scoby menjadi rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Biasanya, scoby yang tidak layak pakai bisa dilihat dari ciri fisik berupa munculnya bintik hitam atau abu-abu di permukaan scoby akibat terkontaminasi debu.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan scoby yang benar supaya scoby tidak rusak.

Baca juga:

Cara menyimpan scoby yang benar

Ilustrasi scoby, biang untuk membuat kombucha.Dok. Simply Recipes/ Emma Christensen Ilustrasi scoby, biang untuk membuat kombucha.

Berdasarkan penjelasan dari pembuat kombucha di kafe Jordnara, Fredick, scoby dapat disimpan di dalam stoples bersih berisi air teh manis.

Saat hendak memindahkan scoby ke dalam stoples, penting untuk memastikan tangan atau benda yang bersentuhan langsung dengan scoby sudah steril dari debu.

“Yang penting bersih, kalau mau pakai sarung tangan (untuk memindahkan scoby), pastikan sarung tangan bersih,” kata Fredick saat ditemui Kompas.com di Jordnara, Jakarta Utara, Jumat (17/5/2024).

Baca juga:

Ia melanjutkan, scoby yang disimpan juga perlu dibersihkan secara berkala. Fredick menyarankan untuk membersihkan scoby menggunakan air jenis RO atau reverse osmosis.

Selain itu, penempatan scoby sebaiknya ditaruh di suhu ruang, dan hindari menyimpan scoby di dalam kulkas.

“Enzim tidak bisa bergerak di suhu yang terlalu dingin, seperti suhu di bawah 10 derajat celsius. Tidak bisa pula di suhu yang terlalu panas, maksimal 38 derajat celsius,” katanya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com