Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kombucha di Rumah, Pilih Scoby Berkualitas

Kompas.com - 20/05/2024, 19:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kombucha merupakan minuman kesehatan dari fermentasi teh dengan koloni bakteri Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast, atau kerap disebut scoby.

Proses pembuatan kombucha berlangsung lebih dari satu minggu, dan waktu panennya bergantung terhadap tingkat keasaman kombucha yang diinginkan.

Selain dibeli di pasaran, kombucha juga bisa dibuat sendiri di rumah. Simak panduan dari barista sekaligus pembuat kombucha di kafe Jordnara, Fredick berikut.

Baca juga:

Cara membuat kombucha di rumah

Menurut penjelasan Fredick, langkah praktis membuat kombucha di rumah yaitu dengan menggunakan scoby instan yang berkualitas.

"Kalau memang mau membuat (kombucha) di rumah, lebih baik beli langsung (scoby) di pasaran yang berkualitas," kata Fredick saat ditemui Kompas.com di Jordnara, Jakarta Utara, Jumat (17/5/2024).

Mula-mula ia akan menaruh scoby di dalam stoples berisi teh manis selama seminggu. Selama proses fermentasi, scoby dapat ditaruh di suhu ruang.

Baca juga:

Ilustrasi scoby untuk membuat kombucha.Dok. Shutterstock/ARTFULLY PHOTOGRAPHER Ilustrasi scoby untuk membuat kombucha.

Hindari menyimpan scoby di dalam lemari pendingin. Pasalnya, enzim yang ada di dalamnya tidak bisa bergerak jika berada di suhu kurang dari 10 derajat celsius.

Setelah seminggu, biasanya Fredick akan mengeluarkan scoby dari rendaman teh, lalu menempatkan scoby di wadah terpisah.

Selanjutnya, air yang dipakai untuk rendaman scoby tersebut akan didiamkan kembali di suhu ruang selama seminggu.

Bila ingin menambahkan rasa buah pada kombucha, memasukkan potongan buah ke fermentasi teh dapat dilakukan setelah pekan ketiga.

"Setelah seminggu bersama buahnya, baru bisa dipanen dan siap saji. Siap saji di sini tergantung toleransi tingkat rasa manis dan asam masing-masing orang," tutupnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com