Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kafe dengan Barista Down Syndrome Pertama di Jakarta Selatan

Kompas.com - 16/05/2024, 14:36 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi Kamu sesungguhnya bukan nama asing di dunia coffee shop di Jakarta Selatan. Nama perusahaannya saja sudah berumur lebih dari 10 tahun.

Coffee shop ini belum lama membuat gebrakan baru  yaitu memberikan kesempatan bekerja bagi sejumlah orang dengan kebutuhan khusus.

Baca juga: Kisah Viral Kafe di Surabaya dengan Pramusaji Berkebutuhan Khusus

Pemilik Kopi Kamu, Rocky J. Pesik mengatakan, tidak begitu yakin bila kafe miliknya adalah coffee shop pertama di Jakarta yang mempekerjakan orang dengan down syndrome.

Namun, bila mencari di internet, nyatanya memang belum ada kafe yang membuka peluang ini, seperti dibuat Rocky sejak Desember 2023 lalu.

Hal ini diperkuat oleh pengakuan Noni Fadhilah, salah satu orangtua barista berkebutuhan khusus, sekaligus pendiri Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrome (POTADS).

Zeina, barista berkebutuhan khusus di Kopi Kamu Jaksel, sedang membuat pesanan kopi dengan Nabila.Kompas.com/Krisda Tiofani Zeina, barista berkebutuhan khusus di Kopi Kamu Jaksel, sedang membuat pesanan kopi dengan Nabila.

"Siapa lagi yang mau menerima (orang berkebutuhan khusus bekerja)? Kecuali Pak Rocky," ujar Noni Fadhilah, ibu dari Zeina, salah satu barista down syndrome di Kafe Kamu, saat ditemui Kompas.com, Selasa (14/5/2024).

Kopi Kamu bekerja sama dengan yayasan POTADS, mengajak beberapa orang berkebutuhan khusus untuk mengaplikasikan keahliannya di kafe.

Mereka sudah dibekali beberapa keahlian melalui kelas khusus yang diadakan Rumah Ceria Down Syndrome (RCDS), termasuk kelas barista.

Barista dengan kebutuhan khusus ini hanya ada di cabang Kopi Kamu di Jalan Wijaya I Nomor 62 9, Petogogan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

Baca juga: Apa Itu Kopi Lanang dan Bedanya dengan Biji Kopi Lainnya?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com