Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fabien Ferré, Koki 35 Tahun Asal Perancis yang Raih 3 Bintang Michelin

Kompas.com - 24/03/2024, 09:31 WIB
Aska Bagus Aldika,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Fabien Ferré adalah koki eksekutif berusia 35 tahun di Restoran La Table du Castellet yang meraih tiga bintang dalam acara penghargaan Michelin Guide.

Pada hari Senin di Tours, Prancis La Table du Castellet dianugerahi tiga bintang pada acara penghargaan Michelin Guide dan restoran ini termasuk salah satu dari 30 restoran di Prancis yang memperoleh tiga bintang menurut panduan tersebut.

Mengutip dari laman Business Insider “Saya tidak pandai berpidato, tapi saya sedikit lebih baik dalam memasak” ujar Ferré dalam bahasa Prancis dalam siaran acara yang diposting di YouTube, seperti dikutip oleh surat kabar lokal Le Parisien.

Baca juga: Tips Memotong Sushi Roll agar Tidak Berantakan Menurut Koki

"Apakah saya pernah membayangkan berada di panggung ini dengan penghargaan terbesar?" tutur Ferré dikutip dari laman Business Insider.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Fabien Ferré adalah anak dari seorang koki pastry, dia dibesarkan di Burgundy, sebuah wilayah di Prancis tengah yang terkenal dengan kebun anggurnya.

Perjalanan Fabien Ferré menjadi Eksekutif Chef

Ferré meniti karier kulinernya dari posisi sous chef hingga menjadi koki eksekutif dalam rentang waktu 14 tahun. Pada tahun 2010, di usia 21 tahun, ia memulai karier sebagai sous chef di La Maison Troisgros, sebuah restoran berbintang tiga Michelin di Prancis tenggara.

Menurut profil LinkedIn-nya, Ferré menghabiskan tiga tahun di sana sebelum melangkah ke langkah berikutnya dalam karier kuliner.

Baca juga: Pentingnya Memilih Piring Tepat untuk Plating Menurut Koki

Setelah itu, Ferré bergabung dengan La Table du Castellet di wilayah Provence-Alpes-Côte d'Azur di Prancis tenggara, di mana ia fokus mengembangkan keahliannya dalam menciptakan masakan Prancis haute yang kreatif.

Setelah hampir tiga tahun bekerja sebagai sous chef de cuisine, Ferré dipromosikan menjadi kepala koki di sana dan menjabat posisi tersebut selama tujuh tahun. Pada Februari 2023, ia naik jabatan menjadi koki eksekutif restoran.

ilustrasi koki profesional yang sedang memasak di dapur. SHUTTERSTOCK/David Tadevosian ilustrasi koki profesional yang sedang memasak di dapur.

Meskipun beberapa media Prancis, termasuk Le Parisien, melaporkan bahwa Ferré adalah koki termuda yang meraih tiga bintang Michelin, kenyataannya beberapa koki telah meraih penghargaan tersebut pada usia yang lebih muda.

Beberapa media Prancis, termasuk Le Parisien, mengabarkan bahwa Ferré merupakan koki termuda yang memperoleh tiga bintang Michelin, namun beberapa koki lain telah meraih penghargaan prestisius tersebut pada usia yang lebih muda.

Baca juga: 3 Cara Bersihkan Daging Bebek agar Tidak Amis, Tips dari Koki

Mengutip dari laman Business Insider, CNN melaporkan bahwa pada tahun 1994, restoran Harveys yang dimiliki oleh koki Inggris Marco Pierre White mendapatkan tiga bintang Michelin saat White berusia 32 tahun.

Selain itu, pada tahun 2002, restoran Le Calandre milik koki Italia Massimiliano Alajmo juga meraih tiga bintang Michelin ketika Alajmo baru berusia 28 tahun, menurut Michelin Guide.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com