Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan dan Minuman untuk Meredakan Pilek, Batuk, dan Demam

Kompas.com - 23/01/2024, 19:31 WIB
Krisda Tiofani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penting untuk menjaga asupan saat tubuh kurang fit. Bila terkena batuk, pilek, dan demam, kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman ini.

Beberapa makanan dan minuman baik dikonsumsi saat sakit karena mengandung vitamin dan senyawa lain, yang akan membantu memulihkan tubuh dari sakit.

Baca juga:

Setidaknya, ada rekomendasi lima makanan dan minuman untuk meredakan pilek, demam, dan batuk dari Medical News Today berikut ini.

1. Teh herbal

Menghirup uap teh herbal dapat membantu membersihkan lendir dari pilek sehingga hidung terasa lebih segar.

Ilustrasi teh hijau madu.Shutterstock/Vladislav Noseek Ilustrasi teh hijau madu.

Daun teh mengandung senyawa tumbuhan alami, seperti flavonoid, katekin, dan polifenol yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Bila menambahkan kunyit bubuk ke dalam teh herbal, minuman ini juga akan meredakan sakit tenggorokan karena sifat antiinflamasi dari kunyit.

2. Madu

Madu baik dikonsumsi saat batuk atau sakit tenggorokan karena mengandung banyak antimikroba untuk membersihkan infeksi bakteri penyebab batuk.

Ilustrasi efek mengonsumsi madu terhadap gula darah.iStockphoto/Alena Bogdanova Ilustrasi efek mengonsumsi madu terhadap gula darah.

Bahan makanan ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa, kecuali bayi usia di bawah 12 bulan.

3. Buah jeruk

Jeruk dan lemon mengandung flavonoid serta vitamin C lumayan tinggi. Kandungan ini berfungsi mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Alhasil, vitamin C dapat membantu melawan demam akibat peradangan.

Ilustrasi jeruk, buah jeruk. Jeruk tinggi serat dan bersifat asam, sehingga sebaiknya dibatasi penderita asam lambung.PIXABAY/NONAME_13 Ilustrasi jeruk, buah jeruk. Jeruk tinggi serat dan bersifat asam, sehingga sebaiknya dibatasi penderita asam lambung.

Sebaiknya, konsumsi buah utuh untuk mendapatkan fungsi jeruk secara sempurna, meskipun kamu bisa mengolahnya menjadi jus dan minuman lainnya.

4. Jahe

Jahe paling mudah diolah menjadi teh hangat. Cukup tambahkan satu hingga dua sendok teh jahe segar ke dalam air panas, Rendam jahe selama lima menit dan saring, lalu tambahkan madu untuk memberi rasa manis.

Ilustrasi jahe bubuk untuk aneka minuman dan makanan. DOK.INSTAGRAM/New Africa Ilustrasi jahe bubuk untuk aneka minuman dan makanan.

Jahe akan membantu mengurangi efek mual dan muntah, juga baik dikonsumsi saat pilek dan demam.

5. Air kelapa

Sehat maupun sakit, air kelapa baik dikonsumsi untuk kesehatan karena mengandung senyawa tanin yang membantu mengurangi peradangan yang terjadi ketika sakit perut.

Potensi manfaat air kelapa untuk menurunkan gula darah penderita diabetes.iStockphoto/amnat jomjun Potensi manfaat air kelapa untuk menurunkan gula darah penderita diabetes.

Kemudian, ada juga kandungan mineral berupa natrium dan kalium dalam air kelapa yang dapat mengembalikan cairan setelah muntah atau diare.

Mengonsumsi air kelapa akan lebih baik bila tanpa tambahan gula atau bahan lainnya untuk memberikan tingkat hidrasi yang tinggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com