Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Gunakan Rice Cooker untuk Bikin Kue, Cegah Bahan Tumpah Keluar

Kompas.com - 18/01/2024, 12:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin mencoba resep kue rice cooker? Ada tips menggunakan rice cooker atau magic com yang bisa kamu coba ikuti.

Dirasa sangat penting bagi pemula tentang pemahaman cara kerja rice cooker. Hal tersebut untuk mencegah rice cooker cepat rusak, hasil kue yang bantat, hingga adonan kue yang tumpah ke luar panci.

Dilansir dari buku "Cake Favorit ala Rice Cooker" (2013) oleh Dapur Kirana terbitan Gramedia Pustaka Utama, simak beberapa tips menggunakan rice cooker untuk membuat kue berikut ini.

Baca juga:

1. Pahami cara kerjanya

Kamu perlu memahami cara kerja dari rice cooker yang dimiliki. Ada jenis rice cooker yang punya tombol simpel tetapi ada juga rice cooker yang punya banyak tombol untuk banyak kegunaan.

2. Perhatikan kapasitas rice cooker

Sebelum menggunakannya, ada baiknya untuk membaca manual book yang ada di kardus rice cooker. Perhatikan kapasitas rice cooker yang dimiliki.

Ada beberapa jenis rice cooker yang punya kapasitas kecil sehingga terkadang perlu dua kali waktu masak kue. Jika tipe rice cookermu kecil, ada baiknya kurangi bahan kue atau gunakan setengah-setengah.

3. Campurkan semua bahan di wadah yang berbeda

Ada baiknya untuk mencampurkan semua bahan dalam wadah sebelum menuangkannya ke dalam rice cooker. Cara ini bisa mencegah bahan tumpah keluar dari panci, jika rice cooker milikmu memiliki ukuran yang kecil.

Ilustrasi rice cooker, magic com. Alat penanak nasi. Penemuan alat yang memudahkan memasak nasi, pertama kali berkembang di Jepang.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi rice cooker, magic com. Alat penanak nasi. Penemuan alat yang memudahkan memasak nasi, pertama kali berkembang di Jepang.

4. Gunakan temperatur medium atau high

Pada saat akan memulai waktu memasak di rice cooker, tekan tombol start atau cook dengan posisi suhu medium atau high. Cara ini bisa memindahkan kondisi warm setelah cake matang atau mencapai suhu panas tertentu.

5. Gunakan timer

Pakai timer atau penanda waktu selama menggunakan rice cooker untuk membuat cake. Cara ini bisa menjadi pengingat selama proses masak.

6. Jangan gunakan sendok

Hindari penggunaan sendok atau alat masak dari metal untuk mengaduk bahan di dalam mangkuk. Sebaiknya gunakan spatula silikon atau sendok kayu agar panci tidak tergores.

ilustrasi mengaduk adonan chiffon cake. shutterstock/anmannyan ilustrasi mengaduk adonan chiffon cake.

7. Selalu seka bagian bawah panci dengan lap kering

Sebelum menggunakan panci rice cooker, ada baiknya untuk selalu menyeka bagian bawah panci hingga kering sebelum meletakkannya di tungkus pemasak.

Setelah digunakan, cuci dengan air sabun hangat dan keringkan dengan kain bersih yang kering.

Cara ini untuk menjaga panci rice cooker awet tahan lama.

Buku "Cake Favorit ala Rice Cooker" (2013) oleh Dapur Kirana terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com