Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Lembutkan Mentega Beku dengan Cepat, Pakai Parut Keju?

Kompas.com - 12/12/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin menyimpan mentega dengan cara dibekukan di dalam freezer. Cara tersebut memang bisa dilakukan agar tidak menurunkan kualitas dalam jangka panjang.

Mengingat mentega terdiri dari 80 persen lemak susu. Namun, apa jadinya kalau mentega beku yang ada di kulkas, ingin digunakan dengan segera?

Ada beberapa tips melembutkan, melunakkan mentega dengan cepat dari berbagai sumber berikut ini.

Baca juga:

1. Parut mentega beku

Dilansir dari laman All Recipes, parut mentega beku dengan menggunakan parutan keju. Tunggu selama beberapa menit agar mencair utuhnya.

Cara tersebut bisa dengan cepat mencairkan mentega bekua karena mentega dipotong kecil.

2. Kocok mentega dan gula

Ditambahkan dari laman Food52, kamu bisa menambahkan mentega beku dengan gula kemudian kocok dengan menggunakan spatula. Panas dari tangan bisa membantu melembutkan mentega.

3. Gunakan microwave

Kamu bisa melunakkan satu batang mentega secara menyeluruh dalam mangkuk di microwave selama 10 detik. Angkat dan aduk-aduk hingga mentega lunak dan cair sempurna.

4. Tempatkan di pinggir oven

Kamu juga bisa menempatkan mentega beku di pinggir oven yang menyala. Panas oven bisa membantu mentega beku agar cair lebih cepat.

5. Iris tipis

Iris tipis potong mentega dan taburkan irisannya di atas loyang. Loyang logam merupakan konduktor panas yang baik sehingga bisa mengeluarkan panas dan membuat mentega cair lebih cepat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com