Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Rawat Peralatan Dapur Berbahan Aluminium, Bebas Bau

Kompas.com - 15/12/2022, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bagi kamu yang memiliki peralatan dapur berbahan aluminium, ada tips merawatnya agar bisa bertahan lama. 

Dilansir dari buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2018) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher, ada lima cara merawat peralatan dapur dengan material dari aluminium yang mudah diikuti. 

Salah satunya, cara menghilangkan bau yang menempel pada sederet peralatan dapur. 

Baca juga:

1. Rebus air dengan cuka 

Rebus air dengan cuka hingga mendidih dalam peralatan masak berbahan aluminium seperti wajan, panci, atau alat masak lainnya. Cara sederhana ini bisa menghindari wajan tidak lengket saat digunakan untuk memasak.

2. Gunakan 1 liter air dengan 1 sendok teh krim tartar

Kamu juga bisa menggunakan satu liter air dengan satu sendok teh krim tartar. Rebus campuran tersebut selama 10 menit kemudian angkat dan gosokkan pada peralatan dapur yang menghitam. 

3. Gunakan perasan jeruk nipis atau lemon

Kamu juga bisa menggunakan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau yang menempel pada permukaan wajan. Diamkan selama 15 menit, cuci dengan sabun dan gosok dengan spon lembut. 

4. Cara hilangkan noda yang menempel 

Dalam buku tersebut menyarankan untuk mengeringkan wadah, seperti loyang dan cetakan kue, yang terkena noda menempel, dengan dikeringkan di bawah sinar matahari. 

Kamu juga bisa memanaskan wadah tersebut ke dalam oven selama dua menit. 

5. Rutin dibersihkan 

Kalau kamu masih memiliki oven konvensional, ada cara merawatnya agar tahan lama. Dengan cara selalu dibersihkan secara rutin, mulai dari kaca, rak, hingga bagian bawah oven yang terkena api secara langsung. 

Buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2018) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com