Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Kasima di Taman Budaya Sentul, Usung Masakan Indonesia Berkonsep Modern

Kompas.com - 18/06/2022, 18:08 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sedikit berbeda dari kebanyakan restoran Indonesia, tempat makan di Sentul ini berhasil memadukan konsep aneka menu tradisional dengan bangunan modern.

Restoran yang berlokasi di Taman Budaya, Sentul, Jawa Barat ini bernama Kasima. Namanya diambil dari bahasa Sunda, yakni tikasima yang berarti terpesona.

"Simpelnya, kasima punya arti pesona. Harapan saya, konsep restoran ini bisa membuat customer terpesona dengan yang kami buat, baik dari segi menu maupun tempatnya," kata Wawat Sumarna, pemilik restoran Kasima.

"Targetnya itu keluarga tetapi saya gak mau meninggalkan target pasar anak muda. Makanya bikin konsep tempat modern dan menu yang ramah keluarga. Jadi aku kawinkan dua konsep tersebut," tambahnya.

Restoran Kasima terdiri dari tiga lantai dengan kapasitas total hingga 140 orang. Ada ruangan dalam, ruangan luar belakang, teras, hingga rooftop yang bisa menjadi pilihan tempat makan.

Siong Sira, salah satu masakan di Restoran Kasima Taman Budaya Sentul Bogor. KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA Siong Sira, salah satu masakan di Restoran Kasima Taman Budaya Sentul Bogor.

Makanan di Kasima pun beragam. Sejauh ini, kebanyakan di antaranya berasal dari Indonesia Timur dan Jawa Barat.

Beberapa di antaranya adalah Nasi Campur Kupang, Nasi Campur Rendang Sunda, Ayam Betutu, Siong Sira, Urab Bali, Sei Sapi, Sayur Ase Cabai Hijau, Sate Lilit, dan Bistik Sunda.

Sementara untuk minuman, pelanggan bisa memilih Teh Bunga Pitaloka, Teh Larah Kinasih Kunyit Manis Kinanti, Apel Kaniraras, dan aneka kopi.

Restoran Kasima yang buka setiap hari pukul 09.00-22.00 WIB ini menjual satu makanan atau minuman dengan kisaran harga Rp 30.000 hingga Rp 200.000.

Tak perlu khawatir, Kasima juga mengusung konsep makan tengah, cocok bagi pelanggan yang datang sekeluarga atau rombongan sehingga lebih hemat.

Baca juga:

Niat kenalkan berbagai makanan Indonesia

Sayur Ase Cabai Hijau ala Restoran Kasima di Taman Budaya Sentul, Bogor.KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA Sayur Ase Cabai Hijau ala Restoran Kasima di Taman Budaya Sentul, Bogor.

Wawat mengatakan, sajian di Kasima tidak hanya terbatas pada menu khas Indonesia Timur dan Jawa Barat.

"Secara konsep menyeluruh, Kasima akan membawa makanan Nusantara yang memiliki kekhasannya tersendiri," ujar Wawat kepada Kompas.com, Selasa (31/5/2022).

Niatnya adalah ingin mengenalkan banyak masakan khas Indonesia yang kurang dikenal kepada masyarakat umum, khususnya anak muda.

"Jadi kalau misalnya aku tanya anak zaman sekarang, tau gak sih siong sira? Aku rasa anak muda yang tinggal di Indonesia Timur aja yang tahu, tetapi kalau yang tinggal di Jakarta, aku tanya mereka, kebanyakan mereka gak tahu," papar Wawat.

"Dari situ aku pengin masyarakat itu tahu bahwa makanan Indonesia, terutama Indonesia Timur, itu banyak banget yang enak. Makanya aku bawa makanan Indonesia Timur awalnya," tambahnya.

Butuh waktu satu tahun bagi Wawat untuk merencanakan konsep ini hingga akhirnya berhasil mendirikan Kasima pada awal 2022.

Nantinya, menu yang ada di Kasima akan diganti per enam bulan dengan sajian Nusantara dari daerah lainnya.

"Akan ke luar by series. Jadi nantinya bakal bawa seluruh masakan Nusantara dalam satu restoran Kasima. Konsepnya bisa enam bulan kemudian, baru ke luar menu lain, kayak tema Sumatera atau lainnya," jelas Wawat.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com