Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah UI Per Semester Tahun 2024/2025 Semua Jurusan S1

Kompas.com - 12/05/2024, 15:45 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Biaya kuliah UI per semester perlu diketahui para mahasiswa yang berhasil lolos di tahun akademik 2024/2025.

UI (Universitas Indonesia) telah mengumumkan besaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang wajib dibayar tiap semester.

UKT wajib dibayar bagi mahasiswa yang lolos masuk UI di semua jalur mulai dari SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) hingga jalur mandiri atau SIMAK UI.

Bedanya mahasiswa yang lolos di jalur mandiri UI atau SIMAK UI juga wajib membayar Iuran Pengembangan Institusi (IPI) atau uang pangkal yang dibayarkan satu kali saja.

Baca juga: Ketahui Jalur Masuk Poltekkes Kemenkes Jakarta II dan Biaya Kuliahnya

Biaya kuliah UI per semester tahun akademik 2024/2025

UKT UI dibagi menjadi 5 kelompok. UKT kelompol 1 dan 2 sama untuk semua jurusan. Yakni UKT kelompok 1 sebesar Rp 500.000 dan UKT kelompok 2 sebesar Rp 1 juta.

Besaran UKT dan IPI di UI merujuk pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 54/P/2024 tentang Besaran Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi.

Kali ini Kompas.com rangkumkan biaya kuliah UI per semester atau dalam hal ini besaran UKT di semua jurusan UI.

Penting untuk diketahui bahwa biaya UKT dan IPI disesuaikan dengan latar belakang sosio-ekonomi orangtua atau penanggung biaya pendidikan masing-masing mahasiswa.

Biaya ini ditentukan saat melakukan proses pra-registrasi. UI akan menetapkan tarif UKT dan IPI yang sesuai bagi masing-masing mahasiswa.

Jika tarif yang ditetapkan dirasakan tidak sesuai, maka UI menyediakan proses konsultasi dengan mahasiswa dan orangtua atau penanggung biaya pendidikan yang bersangkutan hingga diperoleh tarif yang sesuai.

Pada prinsipnya, UI menjamin setiap mahasiswa yang diterima pada Program Sarjana dan Program Pendidikan Vokasi Kelas Reguler tidak akan mengalami hambatan dalam mengikuti pendidikan akibat masalah finansial. Berbagai mekanisme dikembangkan oleh UI untuk mengatasi masalah ini.

Mahasiswa juga dapat mengajukan pertanyaan dan selanjutnya akan dilangsungkan proses konsultasi, verifikasi, dan diskusi terkait UKT. Berikut biaya kuliah UI per semester untuk tahun akademik 2024/2025 yang perlu kamu ketahui.

1. Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi

  • UKT 3: Rp 12,5 juta
  • UKT 4: Rp 17,5 juta
  • UKT 5: Rp 20 juta

2. Matematika

  • UKT 3: Rp 10 juta
  • UKT 4: Rp 13,360 juta
  • UKT 5: -

3. Statistika

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com