Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Ada Esai dalam Materi UTBK SNBT 2024? Cek Jawabannya

Kompas.com - 27/04/2024, 16:01 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang akan ikut UTBK SNBT 2024 (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes) tentu sudah tahu materi hingga tipe soal apa saja yang diujikan.

UTBK SNBT 2024 gelombang 1 akan dilaksanakan tanggal 30 April 2024 mendatang. Agar makin siap dengan UTBK SNBT 2024, calon mahasiswa jauh-jauh hari sudah belajar dan melakukan latihan soal juga.

Materi UTBK SNBT 2024 kabarnya akan terdiri dari tiga jenis materi. Namun apakah benar materi tes ini nantinya memiliki soal esai?

Calon mahasiswa baru tidak perlu khawatir mengenai soal esai dalam UTBK SNBT 2024. Dilansir dari laman Unnes (Universitas Negeri Semarang), Sabtu (27/4/2024) beberapa sumber mengatakan bahwa tes UTBK SNBT 2024 memiliki bentuk dan materi yang sama seperti tahun sebelumnya.

Baca juga: Perhatikan Aturan UTBK SNBT 2024 di Universitas Brawijaya

 

Benarkah ada esai di UTBK SNBT 2024?

Seperti apakah materi soal dan model soal UTBK SNBT 2024 tersebut?

Terkait model soal dalam UTBK SNBT 2024 terdiri dari pilihan ganda, pilihan majemuk kompleks, dan melengkapi rumpang atau isian.

Hal ini pernah disampaikan Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tjitjik Srie Tjahjandarie.

Bahwa UTBK SNBT 2024 bentuk soal yang dirancang soal selain soal pilihan ganda, pilihan ganda komplek memang akan ada soal isian.

"Tetapi adik-adik tidak terlalu khawatir karena soal-soal isian sederhana. Bukan dalam bentuk esai yang harus mengarang atau harus menuliskan rumus, tidak seperti itu," beber Tjitjik Srie Tjahjandarie beberapa waktu lalu.

Baca juga: Simak 5 Tips Anti Gagal UTBK SNBT 2024 dari Unair

Berikut ini 3 materi yang akan diujikan dalam UTBK SNBT 2024:

1. Tes Potensi Skolastik atau TPS

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang diperlukan untuk meraih kesuksesan di perguruan tinggi. Materi SNBT 2024 ini terdiri dari empat bagian.

Tiap bagian/sub materi nantinya akan memiliki jumlah soal berbeda-beda dan waktu pengerjaan yang tidak sama.

Di bawah ini 4 sub materi TPS yang akan diujikan pada SNBT 2024 beserta detail jumlah soal dan waktu pengerjaannya.

2. Kemampuan Penalaran Umum

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com