Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Penilaian Skor UTBK SNBT 2024, Siswa Perlu Tahu

Kompas.com - 19/04/2024, 18:36 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan segera diselenggarakan pada 30 April dan 2-7 Mei 2024 untuk gelombang pertama. Sedangkan untuk gelombang kedua pada 14 - 20 Mei 2024.

Peserta UTBK SNBT 2024 perlu memahami sistem penilaian tes UTBK agar dapat menjawab lebih maksimal. Pada UTBK SNBT 2024 ini, sistem penilaian UTBK tidak ada sistem minus atau pengurangan.

Baca juga: Barang yang Harus Dibawa Saat UTBK SNBT 2024, Pendaftar Wajib Tahu

Jika peserta menjawab salah, tidak ada pengurangan skor. Maka dari itu, peserta disarankan untuk tetap menjawab soal secara keseluruhan untuk menambah peluang tambahan skor dari jawaban yang benar.

UTBK SNBT 2024 menggunakan sistem Item Response Theory (IRT) untuk menilai bobot soal yang dijawab peserta. Dalam sistem IRT ini, setiap soal memiliki bobot masing-masing yang berbeda-beda tergantung jawaban dari seluruh peserta.

Bobot soal ini akan ditentukan setelah UTBK berakhir. Selain itu, di sistem IRT jika soal tersebut banyak dijawab benar, maka bobot soal menjadi rendah. Sebaliknya, jika soal tersebut banyak dijawab salah oleh peserta lain, maka bobot soal menjadi tinggi.

Baca juga: Skor UTBK Tertinggi dan Terendah Unair di SNBT, Kedokteran Berapa?

Terdapat tiga tipe soal yang akan diujikan di UTBK SNBT 2024, di antaranya pilihan ganda sederhana, pilihan ganda kompleks, dan jawaban singkat. Pada tipe soal jawaban singkat yang diujikan tahun ini, hanya dapat digunakan untuk menuliskan jawaban yang berupa angka bilangan bulat saja.

Maka dari itu, peserta tetap harus mempelajari semua materi UTBK SNBT supaya dapat menjawab soal-soal dengan tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com