Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk SNBT?

Kompas.com - 23/03/2024, 12:38 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

Sumber KIP Kuliah

KOMPAS.com - Pendaftaran KIP Kuliah 2024 (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) untuk SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) sudah bisa dilakukan sejak 20 Maret lalu.

Calon mahasiswa yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu dan mau mendaftar jalur SNBT 2024, segera daftarkan dirimu di program KIP Kuliah 2024.

Jika dinyatakan lolos KIP Kuliah 2024, kamu bisa kuliah gratis sampai lulus hingga mendapatkan bantuan biaya hidup.

Calon mahasiswa perlu memperhatikan bahwa pendaftaran KIP Kuliah 2024 ada batas waktunya.

Baca juga: Simak 6 Kriteria Ekonomi Daftar KIP Kuliah 2024 untuk SNBT

Sampai kapan pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk SNBT?

Lantas sampai kapan pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk SNBT?

Dilansir dari laman resmi KIP Kuliah, Sabtu (23/3/2024) pendaftaram KIP Kuliah 2024 untuk SNBT bisa dilakukan sampai 5 April 2024.

Karena batas waktu pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk SNBT masih lama, kamu bisa mempersiapkan semua persyaratannya.

Khususnya persyaratan ekonomi yang harus dipenuhi calon mahasiswa agar lolos menjadi mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Persyaratan ekonomi penerima KIP Kuliah Merdeka adalah mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin yang dibuktikan dengan:

1. Mahasiswa pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah.

2. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh kementerian yang menangani urusan pemerintahan di bidang sosial seperti:

a. Mahasiswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH).
b. Mahasiswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Baca juga: H-3 Pendaftaran UTBK SNBT 2024, Login portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

3. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

5. Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan:

a. Bukti pendapatan kotor gabungan orangtua/wali paling banyak Rp 4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000.

b. Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

Baca juga: Mana Saja Pusat UTBK SNBT 2024 Tunanetra? Catat 51 Lokasinya

Demikian informasi mengenai batas waktu pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk SNBT yang masih bisa dilakukan hingga 5 April mendatang.

Calon mahasiswa yang ingin kuliah tapi tidak ada biaya, bisa memanfaatkan program KIP Kuliah 2024 agar bisa kuliah gratis sampai lulus dan dapat bantuan biaya hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com