Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran KIP Kuliah Jalur UTBK SNBT 2024 Dibuka, Daftar di Link Ini

Kompas.com - 21/03/2024, 09:04 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk jalur Ujian Tertulis Berbasis Tes Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 telah dibuka, Rabu (20/3/2024).

Dikutip dari akun Instagram resmi @puslapdik_dikbud, diberitahukan bahwa pendaftaran KIP Kuliah jalur UTBK-SNBT 2024 dibuka mulai 20 Maret 2024.

"Jadwal pendaftaran KIP Kuliah jalur UTBK-SNBT 20 Maret - 4 April 2024," demikian yang tertulis di unggahan akun Instagram @puslapdik_dikbud dikutip Rabu (20/3/2024).

Baca juga: Beasiswa S1 Google 2024 Sudah Dibuka, Ada Tunjangan Rp 117 Juta

Sebagai informasi, pendaftaran dan penutupan pendaftaran KIP Kuliah memang biasa dilakukan setiap H-1 pembukaan atau penutupan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Proses seleksi KIP Kuliah bersifat kompetitif, sehingga para pendaftar harus memperhatikan dengan baik jadwal-jadwal seleksi masuk perguruan tinggi, baik yang dibuka secara nasional maupun perguruan tinggi negeri (PTN).

Selain memperhatikan jadwal seleksi masuk PTN, calon pendaftar KIP Kuliah juga harus memperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima KIP Kuliah 2024 sebagai berikut:

Syarat daftar KIP Kuliah 2024

1. Pendaftar KIP Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

Baca juga: Syarat Gaji Orangtua agar Siswa Bisa Daftar KIP Kuliah 2024

3. Siswa mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

4. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Dimungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditasi C dengan pertimbangan tertentu. Kriteria lainnya untuk KIP Kuliah adalah siswa difabel, berasal atau tinggal di daerah 3T, Papua dan Papua Barat, serta ada di kondisi khusus karena bencana atau lainnya.

 

Cara daftar KIP Kuliah 2024

1. Melakukan pendaftaran melalui di web Sistem KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

2. Klik menu “Login Siswa”, lalu input data pada NIK, NPSN, NISN, dan alamat email yang aktif.

Baca juga: Beasiswa S1 di 4 Kampus Terbaik Singapura 2024, Kuliah Gratis-Tunjangan

3. Menerima Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang dikirim melalui alamat email yang didaftarkan.

4. Menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih (SNBP, SNBT, Mandiri, dan seterusnya).

5. Apabila calon penerima KIP Kuliah sudah diterima di perguruan tinggi, dapat melakukan verifikasi kepada perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com