Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Tirza, Lolos Masuk ITB dengan Lintas Jurusan pada SNBT 2023

Kompas.com - 18/03/2024, 13:20 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih lintas jurusan di Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 tentu memiliki peluang yang cukup besar untuk lolos.

Seperti yang pernah dialami oleh Tirza Mesica Agustine Dasa, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang lolos masuk PTN impiannya dari lintas jurusan.

Baca juga: Cara Lintas Jurusan Kuliah pada SNBP dan SNBT 2024

Tirza berhasuk masuk ITB melalui jalur tes ini pada tahun 2023. Nilai rata-rata UTBK miliknya di atas 600.

Dia menceritakan awal mula memilih lintas jurusan. Sebelumnya, dia adalah siswa SMA peminatan IPA.

"Waktu masuk IPA, aku ngerasa ya ada yang kurang cocok dengan mata pelajarannya. Memang sejak lama aku sukanya menggambar, bikin komik," kata dia saat hadir dalam tayangan "SMB: Bersiap Ikuti SNPMB 2024!" yang disiarkan langsung via YouTube Kemendikbud RI, Kamis (14/3/2024). 

Dia menyadari bakatnya sejak lama. Sejak kecil, dia suka menggambar dan pernah membuat komik sendiri. Kesukaannya pada menggambar terus berlanjut sampai jenjang SMA.

Saat itu, dia juga masuk dalam satu organisasi dan kepanitiaan, lalu sering bertugas untuk mendesain poster, banner dan masih banyak lagi.

"Nah dari hal tersebut orangtua, guru, dan teman-teman aku melihat nih potensi yang aku miliki sehingga mereka mendukungku untuk masuk jurusan seni," ucap alumnus SMAN 3 Depok ini.

Masalahnya, saat itu jurusan pilihannya adalah jurusan bidang Sosial Humaniora (Soshum). Bidang ini biasanya berkaitan dengan siswa SMA yang peminatannya adalah IPS.

Baca juga: 4 PTN dengan Uang Pangkal Kedokteran Jalur Mandiri di Bawah Rp 150 Juta

Sementara siswa IPA semacan dirinya, tentu lebih cocok dengan jurusan bidang Sains dan Teknologi (Saintek).

Jadi karena itu, dia mempersiapkan diri lebih awaluntuk bisa lintas jurusan di ITB, PTN pilihannya.

"Aku mulai fokus belajar untuk SNBT itu dari kelas 12 karena waktu itu aku gagal masuk kuota sekolah untuk SNBP. Aku juga salah satu siswa IPA dan aku linjur. Jadi kan lebih harus memfokuskan diri untuk jalur tes atau SNBT," kata dia.

Lalu bagaimana ia bisa lolos lintas jurusan di UTBK SNBT 2023? Dia mengatakan, kuncinya tetapkan set goals, evaluasi, dan berdoa.

Tirza mengatakan, dia mengikuti bimbingan belajar (bimbel) untuk bisa latihan soal serta mengikuti try out sejak duduk di kelas 12.

"Pokoknya benar-benar memanfaatkan sumber dan kesempatan yang ada," ungkap Tirza.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com