Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Foundation Sesuai Undertone dari "Beauty Class" Unesa

Kompas.com - 10/03/2024, 11:18 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Menggunakan make up menjadi hal lumrah yang dilakukan para mahasiswi untuk mempercantik diri.

Salah satu perlengkapan make up yang biasa digunakan adalah foundation. Pemilihan warna foundation sesuai undertone ini dibahas dalam beauty class yang diadakan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang menggandeng brand kecantikan ternama, Wardah.

Kasi Kerja Sama Internasional Unesa Wulan Patria Saroinsong menjelaskan, kegiatan ini didasari dari temuan banyaknya mahasiswa yang kurang tepat menggunakan make up.

Dalam acara tersebut mengajarkan teknik penggunaan make up yang benar untuk mempercantik diri, dan menjadi langkah inovatif dalam memberikan pengetahuan yang lebih mendalam kepada mahasiswi Unesa.

"Beberapa mahasiswa ada yang cenderung menggunakan make up secara berlebihan atau kurang tepat. Sehingga acara ini bisa memberikan panduan dan bisa mengaplikasikan make up yang pas dan sesuai situasi," terang Wulan seperti dikutip dari laman Unesa, Minggu (10/3/2024).

Baca juga: 6 PTN yang Punya Jurusan Tata Rias dan Kecantikan, Ada UNY hingga UNJ

Cara memilih foundation sesuai undertone

Savitri Yudi dari Wardah yang mengkhususkan diri dalam Wardah Color Expert, memberikan wawasan berharga terkait flawless make up.

Dia menekankan pentingnya pemahaman dasar dalam make up bagi mahasiswa. Terutama untuk mereka yang memiliki bakat dalam seni rias atau bermimpi menjadi Beauty Blogger atau Makeup Artist (MUA).

"Salah satu kesalahan umum yang sering ditemukan yakni dasar pada pemilihan warna foundation. Sehingga membuat tampilan seseorang menjadi kurang pas dan harus tahu warna yang pas," jelasnya.

Teknik penggunaan foundation yang benar dengan menepuk-nepuk secara merata, terutama di area yang rentan retak.

Baca juga: Fakultas Farmasi Unair Bagikan Tips Memilih Produk Kecantikan Aman

Warna undertone bisa dilihat berdasarkan urat nadi

Seperti samping hidung dan bawah mata. Dia memberikan tips dalam pemilihan warna tone yang mengacu pada personal color analysis.

Pemahaman warna undertone bisa dilihat berdasarkan urat nadi yang dapat membantu seseorang menentukan warna yang sesuai dengan skintone dan undertone mereka.

Savitri manyarankan, bahwa warna-warna kulit orang Indonesia cocok menggunakan coklat atau oranye yang juga menjadi warna warm undertone. Sementara untuk yang memiliki cool undertone bisa menggunakan warna pink.

"Undertone ini bisa dilihat dari warna urat nadi. Jangan pilih warna yang menyesuaikan kulit saat itu karena bisa berubah dan dasarnya itu ada di undertone," bebernya.

Tak hanya pada foundation, Savitri juga membahas kesalahan umum dalam penggunaan eyeshadow.

Menurutnya, penggunaan yang tidak tepat dapat membuat tampilan eyeshadow seperti kue lapis warna.

Baca juga: Ikut Uji Kompetensi Kursus Tata Rias Pengantin, Perhatikan 4 Hal Ini

Pada alat make-up, dia menyoroti pentingnya menggunakan blending brush untuk menghasilkan tampilan eyeshadow yang natural.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com