Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Belajar Tata Kecantikan? 4 SMK Ini Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 24/02/2023, 12:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi siswa SMP kelas 3 tentu harus segera menentukan nanti mau lanjut ke jenjang SMA atau SMK. Jika SMK, maka ada banyak pilihan jurusannya.

Secara khusus yang tertarik di dunia kecantikan, maka ada beberapa pilihan SMK yang mempelajari ilmu kecantikan kulit dan rambut.

Tentunya, semua tak lepas dari seiring meningkatnya permintaan jasa kecantikan. Terlebih bagi kaum perempuan selalu ingin cantik dan menarik.

Berbagai upaya tentu ditempuh, salah satunya dengan menata rambut dan merawat kulitnya di salon kecantikan untuk bisa tampil semenarik mungkin karena dipercaya bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Baca juga: Di Mata DUDI: Lulusan SMK Kini Lebih Kompeten, Terampil dan Loyal

Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan (SMK), berikut ini ada 4 SMK yang bisa jadi rujukanmu untuk memperdalam ilmu kecantikan kulit dan rambut.

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Rabu (22/2/2023), ini daftar 4 SMK tersebut.

SMK Jurusan Kecantikan

1. SMKN 1 Kutacane

Adapun SMK yang terletak di Kabupaten Aceh Tenggara ini memiliki 7 bidang kejuruan dan salah satunya Jurusan Spa dan Kecantikan.

Jurusan Spa dan Kecantikan ini menjadi salah satu jurusan yang diandalkan dan difavoritkan di SMKN 1 Kutacane. Hal ini karena pernah menjuarai event dalam skala nasional bahkan mendatangkan penghasilan untuk sekolah.

2. SMKN 3 Kota Bengkulu

Sedangkan bagi siswa yang berada di wilayah Bengkulu dan sedang mencari sekolah untuk memperdalam ilmu tata kecantikan kulit dan rambut, maka SMKN 3 Kota Bengkulu bisa menjadi salah satu tujuanmu.

SMKN 3 Kota Bengkulu memiliki Jurusan Tata Kecantikan yang bisa dijadikan alternatif kalian untuk melanjutkan SMK di bidang kecantikan.

Baca juga: Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Stres pada Remaja SMP

3. SMKN 4 Surakarta

Bagi yang berada di wilayah Surakarta Jawa Tengah, SMK yang beralamat di Laweyan, Kota Surakarta ini memiliki Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut.

SMK ini dapat dijadikan salah satu rujukan untuk kalian yang ingin belajar terkait kecantikan di wilayah Surakarta.

4. SMKN 2 Ponorogo

Sementara yang berada di wilayah provinsi Jawa Timur dan berminat belajar terkait ilmu tata kecantikan, maka SMKN 2 Ponorogo bisa menjadi tujuan kalian.

Di sekolah itu tentunya menawarkan Jurusan Spa dan Kecantikan.

Baca juga: 4 Tips Mahasiswa Vokasi Cepat Dapat Kerja

Jadi, itulah 4 SMK yang punya Jurusan Kecantikan. Info ini bagi siswa kelas 3 SMP yang nanti ingin memperdalam ilmu di bidang kecantikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com