Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Sukses bagi Mahasiswa ala Presdir Freeport Tony Wenas

Kompas.com - 05/03/2024, 08:06 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas memberikan tips sukses bagi mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK).

Tips dari Tony Wenas ini disampaikan dalam acara CEO Talk bertajuk "Memimpin di Era Perubahan dengan Semangat Bela Negara" di Primary Hall Laboratorium Riset Terpadu UPN "Veteran" Yogyakarta, Senin (4/3/2024).

Tony Wenas membuka CEO Talk dengan memberi kejutan kepada para peserta. Ia menantang mahasiswa melontarkan lima pertanyaan apa saja, tidak harus tentang pertambangan.

Para peserta menyambut antusias dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang diajukan mahasiswa adalah tips sukses ala Tony Wenas.

Baca juga: FISIP UPN Jogja Gelar Visitasi Akreditasi Internasional FIBAA

4 tips sukses bagi mahasiswa ala Tony Wenas

Tony pun menjawab ada empat hal yang selalu dipegang teguh dan sampaikan kepada karyawan.

"Berdasarkan pengalaman saya dari dulu sampai sekarang, ada empat hal yang saya tanamkan dalam diri yaitu jujur, disiplin, fokus, dan tulus. Jujur kita tahu artinya apa, disiplin ini antara lain soal waktu," kata Tony Wenas.

Menurut Tony, arti fokus ini dalam konteks melaksanakan pekerjaan.

"Orang bertanya saya punya bisnis apa, saya katakan tidak punya. Saya fokus menjadi karyawan Freeport," terangnya.

Berikutnya adalah Tulus dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban hingga selesai dan tuntas. Bukan untuk dipuji, bukan karena mendapat bonus atau promosi.

Soal tips sukses menjadi pemimpin, ia berpegang pada filosofi ajaran Ki Hadjar Dewantara yakni Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani.

"Meski ada banyak teori manajemen kepemimpinan. Saya dalam memimpin lebih senang dengan filosofi Ki Hajar Dewantara," imbuhnya.

Baca juga: UPN Veteran Jakarta Buka Kuota pada SNBP 2024, Ini Daya Tampungnya

Tony menjelaskan, semboyan tersebut memiliki filosofi yang sangat dalam.

"Jadi terkadang kita harus ada di depan untuk menarik gerbong, tapi terkadang kita perlu ada di tengah di antara semuanya untuk bersama dengan mereka, dan terkadang ada di belakang untuk mendorong. Jadi bukan kita terus yang tampil di depan," ungkap Tony Wenas.

Selain menjawab pertanyaan peserta CEO Talk, Tony juga menjelaskan tentang praktik pertambangan berkelanjutan yang dijalankan perusahaan.

PTFI (PT Freeport Indonesia) menambang dan memproses bijih menghasilkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com