Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunda Tugas Akhir Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Mahasiswa

Kompas.com - 29/02/2024, 15:53 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Tugas akhir menjadi salah satu persyaratan yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sebelum dinyatakan lulus oleh suatu universitas.

Dalam perjalanan menyelesaikan tugas tersebut, mahasiswa akan mengalami berbagai dinamika.

Baca juga: 2 Mahasiswa UB Meninggal Dunia, Orangtua dan Sahabat Wakili Wisuda

Mulai daru proses penulisan, pengumpulan data, bimbingan, hingga ujian. Tak jarang, hal ini menimbulkan dampak pada kesehatan mental.

Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Nandy Agustin Syakarofath menyatakan, ada banyak faktor yang bisa menurunkan kesehatan mental di tengah pengerjaan tugas akhir.

Meski demikian, faktor utama yang berkontribusi paling besar adalah penundaan terus-menerus dalam pengerjaannya.

"Ini menyebabkan banyak hal yang harus diselesaikan menumpuk dan membuat tanggungan tugas akhir semakin berat," ucap dia dilansir dari laman UMM, Kamis (29/2/2024).

Tak hanya soal penundaan, bilang dia, pola hidup kurang baik seperti sering begadang juga ikut mempengaruhi hal ini. Kurangnya waktu istirahat, membuat mahasiswa sulit berkosentrasu.

Bahkan hingga merasa pusing dan merasakan berbagai keluhan lainnya. Perlu diperhatikan juga bahwa kesehatan fisik dan asupan gizi juga turut berpengaruh.

"Jangan lupa, jika kita jatuh sakit maka akan sulit untuk menulis atau datang bimbingan," jelas dia.

Karenanya, menurut Nandy, cara menjaga kesehatan mental agar tetap stabil atau semakin baik di tengah tugas akhir adalah dengan menghindari prokrastinasi atau penundaan.

"Misalnya, saat menghadapi kesulitan menulis skripsi, segera mencari solusi atau insight saat bimbingan," ujar dia.

Baca juga: Pasangan Suami Istri Berusia 50 Tahun Dikukuhkan Jadi Guru Besar UGM

Selain itu, dia juga memaparkan pentingnya support system ditengah penyelesaian tugas akhir. Baik dari orangtua, sahabat, ataupun pasangan. Meski demikian, yang paling menentukan keberhasilan tugas ini adalah diri sendiri.

"Yang utama adalah diri sendiri. Jangan terlalu bergantung pada orang lain, karena mereka hanya bisa memberikan dukungan berupa semangat dan tugas akhir sifatnya tanggung jawab pribadi," ungkap dia.

Nandy berpesan agar mahasiswa semester akhir bisa terus semangat, fokus dan selalu mengingat tujuan dari berkuliah. Mahasiswa jangan sampai terlena dengan hal-hal di luar tugas utama.

Baca juga: Bisakah Lulus Sarjana Tanpa Skripsi? Calon Mahasiswa Cek Jawabannya

"Menjaga kesehatan mental tetap sehat di tengah tugas akhir itu sama seperti menjaga kesehatan fisik. Harus senantiasa dilakukan dan tidak perlu menunggu waktu tertentu," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com