Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekian Uang Pangkal Kuliah Kedokteran Unair, Unesa, ITS, dan UM

Kompas.com - 22/02/2024, 06:46 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa di Jawa Timur yang ingin kuliah Kedokteran, ada sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) yang bisa kamu pilih.

Selain lewat jalur SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) maupun SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), kamu bisa kuliah Kedokteran lewat jalur mandiri 2024.

Calon mahasiswa yang lolos Kedokteran lewat jalur mandiri juga harus bersiap dengan biaya kuliah berupa uang pangkal.

Kali ini Kompas.com rangkumkan biaya uang pangkal kuliah Kedokteran di Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) hingga Universitas Negeri Malang (UM).

Baca juga: Intip Biaya Kuliah Politeknik Negeri Media Kreatif 2024

Uang pangkal Unair, Unesa, ITS, UM

Dilansir dari masing-masing laman kampus, berikut biaya uang pangkal Kedokteran di Unair, Unesa, ITS dan UM mengacu pada biaya kuliah tahun 2023.

1. Universitas Airlangga (Unair)

Selain uang kuliah yang dibayar tiap semester atau Uang Kuliah Semester (UKS), jika lolos di Kedokteran Unair, ada biaya uang pangkal atau Uang Kuliah Awal (UKA) yang perlu kamu persiapkan.

UKS atau Uang Kuliah Semester Jurusan Kedokteran di jalur mandiri Unair adalah sebesar Rp 15.000.000 per semester dan UKA minimal sebesar Rp 99.000.000.

2. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Jurusan Kedokteran Unesa termasuk baru. Calon mahasiswa yang berencana mencoba Jurusan Kedokteran Unesa lewat jalur mandiri 2024 perlu mempersiapkan biaya kuliah berupa uang pangkal atau Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan penuh 100 persen di semester 1 atau dibayar 2 kali dengan pola semester 1 (50 persen ) dan semester 2 (50 persen).

Berikut besaran uang pangkal atau SPI jalur mandiri Unesa yang dibagi menjadi 4 kelompok:

  • Kelompok 1: Rp 250 juta
  • Kelompok 2: Rp 300 juta
  • Kelompok 3: Rp 350 juta
  • Kelompok 4: Rp 400 juta.

Selain SPI atau uang pangkal yang harus dibayar satu kali di awal perkuliahan, ada juga biaya UKT jalur mandiri yang perlu dibayar mahasiswa tiap semester. Berikut UKT Jurusan Kedokteran Unesa yang dibagi menjadi kelompok 1 hingga 8:

  • K1: Rp 1 juta
  • K2: Rp 3 juta
  • K3: Rp 8 juta
  • K4: Rp 12,5 juta
  • K5: Rp 18 juta
  • K6: Rp 21,5 juta
  • K7: Rp 25 juta
  • K8: Rp 30 juta.


Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Uhamka Per Semester Tahun 2024

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS termasuk perguruan tinggi negeri yang juga baru membuka Jurusan Kedokteran pada tahun 2023. Ada tiga jalur mandiri yang dibuka ITS. Yakni Mandiri Prestasi, Mandiri Umum dan Mandiri Kemitraan.

Calon mahasiswa yang tertarik mendaftar Jurusan Kedokteran ITS jalur mandiri umum, berikut uang pangkal yang perlu kamu persiapkan.

Calon mahasiswa yang lolos Kedokteran ITS lewat jalur mandiri, perlu membayar uang pangkal atau Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan.

Besaran biaya ditentukan ITS dalam tiga kategori dengan mempertimbangkan kemampuan orangtua melalui prosedur pelaporan saat daftar ulang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com