Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Cosmas, Anggota TNI yang Lulus S2 Unhan dengan IPK 4

Kompas.com - 20/02/2024, 16:33 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) ada yang berhasil lulus S2 dengan IPK sempurna 4,00.

Sosok itu ialah Kolonel Czi Cosmas Manukallo Danga yang merupakan mahasiswa S2 Universitas Pertahanan (Unhan). Raihan IPK sempurna menjadikannya wisudawan atau lulusan terbaik dengan pujian. 

Kolonel Cosma diwisuda pada Senin (12/2/2024). Saat itu, ia juga nampak berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang hadir untuk mengikuti wisuda. 

Dilansir dari laman resmi TNI, Cosmas merupakan lulusan Akademi Militer atau Akmil tahun 1997.

Baca juga: Kisah Evania, Anak Tukang Ojek Bisa Lolos Kedokteran Unhan

Selama bertugas, ia juga telah menorehkan prestasi luar biasa selama bertugas di Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan dalam penugasan internasionalnya.

Dalam pernyataannya, ia merasa sangat bersyukur atas pencapaiannya. "Segala sesuatu yang diraih adalah anugerah Tuhan yang tidak pernah dibayangkan," ungkapnya.

Selama kuliah di Universitas Pertahanan, Kolonel Cosmas juga aktif dalam berbagai kegiatan, termasuk dalam pelatihan dan pengembangan buku Systems Thinking Dynamics untuk Penelitian Pertahanan.

Buku ini ialah sebuah karya yang diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam memahami kompleksitas pertahanan dan keamanan.

Baca juga: Nilai Minimal IQ Daftar S1 Unhan 2024, Kuliah Gratis dan Jadi TNI

Buku tersebut mendapat apresiasi dari Rektor Unhan RI, Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, yang menyebutnya sebagai sumbangan berharga dalam literatur pertahanan dan sebagai panduan praktis bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang ini.

Karya ini disebut relevan di era yang penuh tantangan, di mana keamanan dan pertahanan semakin menjadi perhatian utama.

Rektor Unhan juga optimis bahwa buku ini akan menjadi rujukan utama dalam penelitian pertahanan dan menjadi inspirasi bagi generasi peneliti di masa mendatang.

Selain itu, para Dosen Penguji Program Studi Ekonomi Pertahanan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan juga memberikan apresiasi tinggi atas tesisnya yang berjudul “Pendekatan Sistem dalam Persaingan Kekuatan Amerika Serikat dan China: Prospek dan Tantangan Ekonomi Pertahanan Indonesia”.

Pada kesempatan yang sama, Unhan sudah meluluskan 537 wisudawan termasuk Kolonel Cosmas.

Baca juga: Kisah Evania, Anak Tukang Ojek Bisa Lolos Kedokteran Unhan

Rektor Unhan RI juga mengingatkan kepada para alumni dimanapun berada agar terus membangun dan melestarikan nilai-nilai kebangsaan yang telah diajarkan.

Ia juga meminta alumni bisa menjadi teladan dalam internalisasi nilai-nilai bela negara dan memberikan dharma bakti terbaik bagi Indonesia sesuai profesi pekerjaan masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com