Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Beri Beasiswa bagi 22 Mahasiswa Palestina Kuliah di Unhan

Kompas.com - 10/11/2023, 12:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto memberikan beasiswa kepada 22 kadet calon mahasiswa untuk kuliah di Universitas Pertahanan (Unhan). 

Program beasiswa dari Kemhan RI ini merupakan inisiatif dari Menhan Prabowo yang menindaklanjuti pembicaraan dengan Dubes Palestina pada tahun 2022.

Menhan Prabowo menerima 22 kadet tersebut, bersama Duta Besar Palestina Dr. Zuhair S.M Al-Shun dan Rektor Unhan RI Letjen TNI Jonni Mahroza, pada Rabu (8/11/2023).

Upaya Menhan Prabowo ini untuk memfasilitasi beasiswa S1 ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan kerja sama antara Indonesia dengan Palestina.

Baca juga: Beasiswa Kursus Singkat ke Australia, Beri Uang Saku dan Akomodasi

Adapun program studi yang diikuti pemuda pemudi Calon Kadet Palestina yaitu Jurusan Kedokteran Militer, Farmasi Militer, Teknik Sipil, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Mesin dan Rekayasa Keamanan Informasi. Mereka akan menjalani studi selama lima tahun kedepan.

“Selamat datang kepada 22 calon Kadet Unhan RI dan terimakasih atas kesediaan dan kerja sama Pemerintah Palestina. Atas nama pemerintah Republik Indonesia dan seluruh Rakyat Indonesia, saya sampaikan rasa solidaritas penuh dan mutlak serta rasa empati mendalam atas keadaan yang terjadi di bumi Palestina sekarang,” ujar Menhan Prabowo dilansir dari laman resmi Kemenhan.

Baca juga: Oline, Alumnus Kedokteran Unair Bagikan 3 Cara Lolos Beasiswa LPDP

“Kita mengerti dan memahami keadaan kesulitan dan perjuangan rakyat Palestina yang sudah puluhan tahun berada dalam keadaan tertindas dan terjajah. Kita akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina sampai rakyat Palestina mencapai kemerdekaannya,” sambung Menhan.

Sebelum melaksanakan kegiatan belajar di Unhan, para Kadet Palestina ini akan mengikuti Kursus Intensif Bahasa Indonesia (KIBINA) di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan yang direncanakan akan berlangsung selama sepuluh bulan yang diperkirakan akan selesai pada bulan Agustus 2024

Harapannya melalui kursus ini para calon kadet Palestina dibekali kemampuan berbahasa Indonesia, pengetahuan budaya serta adat istiadat bangsa Indonesia sebelum memulai kuliah di Unhan RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com