Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7.720 Orang Berminat Masuk Fakultas Psikologi UIN Setiap Tahunnya

Kompas.com - 19/02/2024, 18:24 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Yunita Faela Nisa mengungkapkan, Fakultas Psikologi menjadi Fakultas dengan peminat terbanyak kedua di UIN Jakarta setelah Fakultas Kedokteran Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter.

Jumlah peminat pendaftar pada Fakultas Psikologi UIN Jakarta, sebut dia, mencapai angka 7.720 orang setiap tahunnya.

Baca juga: 6 Pernyataan Sikap Rektor UIN Jakarta Terkait Pemilu 2024

"Indeks rata-rata kelulusan alumni tiap tahun mencapai 120 orang, atau 65 persen dari jumlah yang diterima tiap tahun," kata dia dilansir dari laman UIN Jakarta, Senin (19/2/2024).

Dia mengaku, sejalan dengan status akreditasi A yang dimiliki, Fakultas Psikologi UIN Jakarta memiliki visi untuk menjadi Fakultas Psikologi yang berdaya saing global pada tahun 2026 demi terwujudnya kesejahteraan umat berdasarkan kemajemukan bangsa dan nilai-nilai keislaman.

Adapun misi dari Fakultas Psikologi UIN Jakarta, yakni:

1. Mengembangkan ilmu dan keahlian terbaik bidang psikologi berbasis riset di Indonesia.

2. Mengembangkan ilmu-ilmu psikologi tingkat tinggi berdasarkan pada pemahaman yang komprehensif terhadap realitas persoalan di Indonesia.

3. Mengembangkan integrasi ilmu-ilmu psikologi, terutama bidang-bidang peminatan seperti psikologi pendidikan, psikologi industri dan organisasi dan psikometri dengan perilaku yang unggul, kompetitif, dan produktif serta berkarakter Islami, baik dalam penelitian dan pengembangan maupun dalam aplikasi ilmu psikologi.

Dia menyebut, Fakultas Psikologi UIN Jakarta memiliki dua pusat studi unggulan, yaitu Pusat Psikometri Terapan dan Pusat Psikologi Islam.

Hal yang membedakan Fakultas Psikologi UIN Jakarta dengan fakultas yang sama di kampus lain adalah dari segi keislamannya.

Kurikulum yang dibentuk di Fakultas Psikologi UIN Jakarta bertujuan agar mahasiswa dapat mengintegrasikan proses pembelajaran dari perspektif barat dan perspektif Islam sehingga sejalan dengan integrasi UIN Jakarta, yaitu keislaman, keilmuan, dan keindonesiaan.

Dr. Yunita menyampaikan lulusan Psikologi dapat bekerja di berbagai lapangan kerja selama berhubungan dengan perilaku manusia.

Baca juga: UIN Salatiga Sediakan Kuota 3.479 Maba 2024, Ada 5 Jalur Masuk

Hal ini dibuktikan berdasarkan data alumni yang menunjukkan penyebaran alumni ada di berbagai instansi swasta dan negeri.

Sebanyak 60 persen alumni bekerja di perusahaan nasional, 25,9 persen bekerja di perusahaan multinasional, dan sebanyak 17,3 persen bekerja sebagai pekerja lokal atau wirausaha.

"Di Psikologi UIN Jakarta ada mata kuliah psikologi politik, jadi bisa eksplor ke sana termasuk juga membuat survei-survei politik yang kredibel karena di UIN kelebihannya psikologi kuantitatif dan psikologi Islam. Jadi itu menjadi keterampilan yang bisa dipakai dalam dunia politik," ungkap Dr. Yunita.

Baca juga: 10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024, Ada UIN Jakarta

Dengan berlakunya metode kuantitatif, mahasiswa Psikologi UIN Jakarta terlatih dalam pembuatan tes psikologi yang menyesuaikan keadaan lingkungan terbaru sehingga kerap diberi kepercayaan untuk membuat analisis survei yang kredibel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com