Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2024, 06:46 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Di zaman serba online, semua informasi bisa dengan mudah diakses masyarakat. Termasuk pelajar dan mahasiswa.

Untuk menambah pengetahuan, selain pembelajaran yang dilakukan di sekolah atau di kampus, kamu juga bisa mengikuti kursus online.

Mengikuti kursus dalam jaringan (daring) atau juga dikenal sebagai kursus online bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah pengetahuan dan keterampilan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pun memiliki platform kursus daring untuk memberikan pembelajaran yang lebih inklusif.

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Arab di Kuwait 2024, Gratis dan Dapat Tunjangan

Manfaat ikut kursus online

Melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dapat memberikan kursus daring kepada peserta didik dengan platform tersebut.

Salah satu LKP yang menyelenggarakan kursus daring adalah LKP Bina Insani MTC di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Berdasarkan data dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, LKP ini memiliki jumlah peserta terbanyak yaitu 1.236 peserta untuk kursus bahasa Korea Dasar Level 1 dan 708 peserta untuk kursus Bahasa Jepang Dasar Level 1.

Manager Operasional LKP Bina Insani MTC Paryono menerangkan, telah bergabung dengan platform kursus daring Kemendikbudristek sejak 2017.

Ia mengungkapkan beberapa manfaat kursus online yang tidak hanya dirasakan oleh peserta didik, tetapi juga pengelola LKP.

Baca juga: Kuota Bertambah, Unpad Bakal Terima 2.346 Maba Jalur SNBP 2024

1. Jadwal yang fleksibel

Jadwal yang padat adalah salah satu tantangan utama untuk belajar. Kursus online memberikan fleksibilitas waktu yang dapat menyelesaikan tantangan ini.

Peserta dapat memilih untuk belajar kapan saja dan di mana saja, baik itu pagi sebelum berangkat kerja, saat istirahat makan siang, atau saat semua tugas selesai pada malam hari.

2. Jangkauan lebih luas

Manfaat lainnya dari kursus online adalah dapat menjangkau peserta didik secara lebih luas, terutama bagi peserta yang berada di luar daerah.

Sebagai contoh, LKP Bina Insani mandiri pun menyelenggarakan kursus online karena melihat permintaan masyarakat untuk kursus jarak jauh. masyarakat untuk kursus jarak jauh. Menurut Paryono, pada saat itu 72 persen siswa LKP berasal dari luar daerah.

3. Memaksimalkan kelas luring

Dalam penggunaannya, kursus daring menggunakan learning management system (LMS). LMS ini dapat bermanfaat untuk pendukung kelas luring (offline) terutama untuk pemberian tugas tambahan sehingga menghemat waktu saat di kelas luring. Dengan begitu dapat memudahkan instruktur maupun peserta didik.

4. Biaya lebih rendah

Manfaat mengikuti kursus online berikutnya adalah biaya yang terjangkau. Jika dibandingkan dengan kursus tatap muka, kursus online tidak memerlukan banyak biaya.

Hal tersebut dikarenakan tidak memerlukan biaya perjalanan dan biaya administrasi lainnya. Kursus online dapat membuat pendidikan berkualitas lebih mudah dijangkau oleh semua orang.

Itulah manfaat kursus online yang tidak hanya bermanfaat untuk peserta didik tetapi juga memudahkan pengelola LKP.

Baca juga: Ingin Menjadi Chef? Berikut 5 Kursus dan Sekolah Kuliner di Indonesia

Sehingga baik pelajar maupun mahasiswa yang ingin menambah keterampilan, bisa mengikuti kursus online yang saat ini banyak tersedia.

Keterampilan yang diperoleh dari kursus online bisa menambah nilai plusmu saat mencari pekerjaan kelak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com