Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kursus Online dengan Sertifikat, Ada yang Gratis

Kompas.com - 18/11/2023, 13:33 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengikuti kursus online dengan sertifikat bisa digunakan untuk menambah pengalaman dan "mempercantik" Curriculum Vitae (CV).

Dengan mengikuti berbagai kursus online, bisa menambah keterampilan sehingga perusahaan pun tak ragu untuk merekrutmu.

Terlebih di era sekarang saat teknologi dan internet sudah sangat berkembang sehingga kursus online pun bisa dengan mudah diakses mahasiswa.

Dilansir dari laman Kita Lulus, Sabtu (18/11/2023) ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dengan ikut kursus online gratis.

Baca juga: 13 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Full Biaya Hidup

Berikut deretan kursus online gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah skill dan mempermudah langkahmu dalam mencari pekerjaan:

1. Google Skillshop

Kursus online gratis yang pertama adalah Google Skillshop. Mungkin masih banyak yang belum tahu, kalau Google menyediakan kursus online bersertifikat yakni Google Skillshop.

Website ini menyediakan berbagai kursus yang akan membantu dalam menguasai berbagai fitur Google.

Kursus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja atau sedang bekerja di dunia digital marketing. Beberapa kursus yang tersedia seperti Pengelolaan Konten dan Aset Youtube, Google Analytics, Google Ads, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin mencoba mengikuti kursusnya, kamu dapat mengunjungi skillshop.withgoogle.com.

2. IndonesiaX

IndonesiaX menjadi salah satu kursus online berbahasa Indonesia. Di IndonesiaX ada berbagai pilihan materi yang tersedia dalam bahasa Indonesia.

Kursus online ini juga menggandeng institusi dan instansi besar sebagai pemateri seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institusi Teknologi Bandung, Bank Negara Indonesia, dan masih banyak lagi.

Materi kursus yang bisa kamu pilih misalnya Business and Management, Communication, Computer Science, Engineering, Law, Economics and Finance dan lain-lain.

Kursus di IndonesiaX juga gratis, namun bila kamu ingin mendapatkan sertifikat kamu perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp 250.000.

Jika ingin mencoba mengikuti kursus di IndonesiaX, bisa membacanya di laman berikut https://indonesiax.co.id.


Baca juga: 15 SMA Yayasan Katolik Terbaik di Indonesia, Nomor 7 dari Yogyakarta

3. Oracle

Kursus online berikutnya adalah Oracle. Dengan mengikuti kursus online Oracle, kamu bisa memperdalam ilmu teknologi dan informasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com